Glutera News

Antusiasme Adalah Ibu dari Tindakan

Jumat, 20 November 2020 - 09:28 | 180.49k
FOTO: Glutera
FOTO: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Enthusiasme is the greatest power in life! Antusiasme adalah kekuatan terpenting didalam hidup ini.

Sebelum kita melanjutkan dengan mengapa dan bagaimana,antusiasme dapat kita maksimalkan dalam meraih cita cita hidup kita, ada baiknya, minimal kita pahami dulu makna dari kata "antusiasme" ini.

Berasal dari bahasa Greece (Yunani) kuno, yaitu "entheos", yang berarti "Tuhan Menyertai". Kata antusias atau antusiasme ini dalam bahasa Indonesia dipahami sebagai " kegairahan", semangat yang berapi-apu atau bisa juga disebut sebagai "terobsesi", terhadap sesuatu (yang ingin dicapai).

Sekilas kita melihat sejarah ,dari mana kata "antusiasme "ini berasal, agaknya bukan secara kebetulan, karena Yunani adalah negara pertama di dunia yang menyelenggarkan Olimpiade.

Mereka sudah merasakan kebanggan bila mendapatkan mahkota yang terbuat dari daun palem, pelambang keperkasaan. Jadi sikap antusias ini tidak hanya sekedar ada di dalam kamus bangsa Yunani, melainkan terukir di dalam hati setiap orang Yunani.

Mengedepankan antusiasme di dalam hidup, secara serta merta akan mengubah cara berpikir kita, perasaan dan tindakan, serta menjauhkan kita dari segala yang berbau negatif.

Mengisi seluruh rongga hidup kita dengan kekuatan antusiasme tidak hanya meningkatkan kualitas hidup,tetapi sekaligus menjadi alat perekat dalam berkomunikasi di dalam keluarga dan antar komunitas.

・ Antusiasme juga menjauhkan diri kita dari fanatisme yang keliru,sehingga menghindarkan kita dari kehancuran.
・ Antusiasme juga menjadi motivasi yang luar biasa untuk meraih cita cita hidup kita.
・ Mendorong kita untuk tidak pernah berhenti belajar.
・ Memahami bahwa kita bukanlah sosok yang tahu segala galanya.
・ Menciptakan daya kreatifitas dalam diri dan meningkatkan segala daya daya hidup yang merupakan karunia Tuhan dalam diri kita.
・ Menjauhkan kita dari sikap arogan dan rasa saleh diri,serta mencegah kita agar tidak terjerumus menjadi manusia yang munafik.
・ Menjadikan kita tabah, menghadapi segala masalah hidup.
・ Menjadi obor ketika kita berada dalam kegelapan.
・ Menjadi sarana dan prasarana untuk menyerap dan menghimpun energi.
・ Tanpa antusiasme hidup akan menjadi jenuh.
・ Hidup yang dijalani tanpa memiliki antusiasme ,dengan mudah akan jatuh kedalam keputusasaan.

Setiap orang yang waras, seyogyanya memiliki tujuan dan impiannya tersendiri, yang ingin dicapainya didalam hidup. Cita cita tidak harus sama. Cita cita hanya akan menjadi pajangan di kertas,bila tidak disertai dengan antusiasme dalam meraihnya.

Hidup Bebas Memilih namun Tidak Bebas Konsekuensinya

Sejauh mata memandang, telinga mendengar, hati merasakan, pikiran menganalisa kita mengerjakan sesuatu dengan antusiasme dengan semangat, dengan tulus bawa manfaat serta kebaikan. Memberikan yang terbaik yang kita bisa. dan terus meningkatkan diri.

Kita bukan orang sempurna. Maka ruangan terbesar di alam semesta adalah ruangan untuk terus meningkatkan diri dan meningkatkan manfaat diri.

Antusiasme untuk terus belajar, untuk praktek dan sharing perlu dipupuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES