Adv

FEB UB Masuk 601 Ranking Dunia

Kamis, 19 November 2020 - 07:41 | 520.16k
Gedung perkuliahan FEB UB Malang. (FOTO: FEB UB For TIMES Indonesia)
Gedung perkuliahan FEB UB Malang. (FOTO: FEB UB For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Lembaga pemeringkatan dunia Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) merilis kembali universitas terbaik dunia berdasar bidang studi (by subject). Diambil dari laman timeshighereducation.com edisi Rabu (28/10/2020), THE mengumumkan 11 bidang studi (subject) PT terbaik dunia. Di Indonesia ada 8 universitas terbaik versi THE WUR 2021 By Subject, yaitu UI, Universitas Brawijaya, UGM, ITB, IPB, UNPAD, UNDIP.

Tujuh subject di UB (Universitas Brawijaya) yang masuk top dunia, antara lain: Business and Economics (Rangking 601+), Clinical and Health (601+), Social Sciences (601+), Computer Science (801+), Life Sciences (801+), Physical Sciences (1001+), dan Engineering (1001+). 

Gedung-perkuliahan-FEB-UB-Malang-2.jpg

THE melakukan pemeringkatan berdasarkan 5 indikator, yaitu: Citation, Industry Income, International Outlook, Research dan Teaching. Di Indonesia hanya ada 6 universitas yang lolos pemeringkatan by Business and Economics subject yaitu UGM, UI, ITB, UB, UNDIP, dan UNPAD. Penilaian THE pada Business and Economics subject ini meliputi disiplin ilmu bisnis dan manajemen, akuntansi dan keuangan, serta ekonomi dan ekonometrik.

Nilai UB berdasarkan indikator Citation adalah 25,3; Industry Income 38,6; International Outlook 14,5; Research 7,1 dan Teaching 14,5. Total nilai yang diraih UB untuk bidang Busines and Economics ini adalah 8,5 – 22.4. Perlu dicatat untuk citation UB memperoleh skore 25,3 yang merupakan nilai tertinggi kedua di Indonesia setelah UGM. 

Gedung-perkuliahan-FEB-UB-Malang-3.jpg

Menurut Dekan FEB, Dr. Nurkholis, prestasi ini cukup membanggakan karena untuk pertama kalinya FEB masuk 601+ terbaik dunia versi THE.

“Pencapaian ini merupakan apresiasi dan bukti komitmen kami dalam melakukan continuous improvement menuju World Class University”, ujar Nurkholis. Lebih lanjut Nurkholis menjelaskan bahwa pengakuan lembaga internasional bergengsi ini sekaligus menunjukkan langkah-langkah perbaikan dan pengembangan yang dilakukan FEB-UB sudah on track dan diakui dunia. “Tantangan selanjutnya yang paling penting adalah melanjutkan usaha perbaikan dan pengembangan untuk lebih baik lagi”, ujarnya. 

Dekan-dan-Wadek-FEB-UB.jpgDekan dan Wadek FEB UB (FOTO: FEB UB Malang)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) yang berdiri sejak 1957, saat ini mengelola 14 Program Studi, yaitu PS S1 Akuntansi, PS S1 Manajemen, PS S1 Ekonomi Pembangunan, PS S1 Ekonomi Islam, PS S1 Kewirausahaan, PS S1 Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan, PS S2 Ilmu Ekonomi, PS S2 Akuntansi, PS S2 Manajemen, PS S3 Ilmu Akuntansi, PS S3 Ilmu Ekonomi, PS S3 Ilmu Manajemen, PS S3 Manajemen Luar Kampus Domisili, dan Program Profesi Akuntansi. 12 PS di FEB UB memperoleh akreditasi A dari BAN PT dan ABEST21 (The Alliance of Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization). FEB UB merupakan FEB pertama di Indonesia yang terakreditasi ABEST21.

FEB UB juga mendapat beberapa penghargaan dari ABEST21 yaitu Excellence in Practice Award: Interactive Teaching and Learning di tahun 2012 dan Good Practice Award: The Multi-Paradigm Approach di tahun 2017. Ke depan FEB-UB juga membidik akreditasi internasional lain yang bergengsi yaitu AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business) yang berpusat di Amerika Serikat. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES