Peristiwa Nasional

BGR Logistics Siap Berikan Layanan Halal Logistik, Ini Strateginya

Kamis, 19 November 2020 - 22:01 | 89.55k
Ketua PBNU Marsudi Syuhud dalam acara talkshow online bertajuk “Logistik Halal di Tengah Pandemi” yang dilaksanakan secara daring.
Ketua PBNU Marsudi Syuhud dalam acara talkshow online bertajuk “Logistik Halal di Tengah Pandemi” yang dilaksanakan secara daring.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, BUMN penyedia jasa logistik di Indonesia, mengadakan acara talkshow online bertajuk “Logistik Halal di Tengah Pandemi” yang dilaksanakan secara daring. 

Hadir sebagai narasumber Ketua PBNU Marsudi Syuhud, Direktur Utama PT Sucofindo (Persero) Bachder Djohan Buddin, Pemerhati Logistik dan Industri Halal Sitta Rosdania, serta Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo. Acara ini dipandu oleh host Salsabila Syaira.

Marsudi Syuhud menjelaskan bahwa suatu produk disebut halal mengacu pada kriteria syariat islam. Seperti halal zatnya, halal cara memperolehnya, dan halal cara pengolahannya. Pada kriteria halal cara pengolahannya mensyaratkan adanya proses produk halal yang mencakup rangkaian kegiatan untuk menjamin kehalalan produk. Seperti penyediaan barang, pengelolaan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, serta penjualan. Sehingga dalam rangkaian kegiatan ini memerlukan suatu system rantai pasok yang menjamin kualitas proses produk halal.

Pada prinsipnya logistic halal adalah proses penanganan arus bahan atau produk melalui rantai pasokan (supply chain) yang sesuai dengan standar halal. Fokus dari halal berdasar pada pemisahan (segmentation) dan bukan pada deteksi atau kecurigaan semata. 

Pada posisi ini, logistik halal akan memastikan konsistensi penanganan halal seperti harapan masyarakat muslim dengan mengacu pada UU No 33 Tahun 2014, lanjut Marsudi.

Bachder Djohan Buddin menyampaikan peran Sucofindo untuk mendukung halal logistik mulai dari Lembaga Sertifikasi Produk terakreditasi, Lembaga Inspeksi yang terakreditasi, Laboratorium pengujian halal terakreditasi, memiliki Sucofindo centre for Learning & Development (SCLD), memiliki pusat kajian halal, serta memiliki auditor halal yang tersertifikasi BNSP.

Proses logistik halal dimulai dari awal bahan baku sampai dengan konsumen, dimana BGR Logistics berperan untuk memastikan kualitas  suatu produk dan ketelusuran produk mulai dari awal sampai dengan akhir diterima konsumen. 

"Perusahaan penyedia jasa logistik halal harus memiliki Sistem Jaminan Halal (SJH) untuk menjamin kualitas kehalalannya," kata Bachder.

"Halal merupakan hadiah dari Tuhan untuk semua manusia dan bukan hanya untuk muslim saja. Halal sebenarnya bersifat universal yang mencakup healty, hygiene, safety, fairness, ethical," tambah Sitta Rosdania.

Indonesia dengan besarnya pasar yang ada berusaha membangun Indonesia Interated Halal Ecosystem yang tidak lagi berbicara hanya konteks pangan. Tapi juga gaya hidup.

 Di mana di dalamnya termasuk halal logistik yang saat ini BGR Logistik lakukan. "Saat ini konsumen di Indonesia dan Dunia menginginkan konsumsi kosmetik hingga produk farmasi yang bersertifikasi halal dan bukan hanya produk pangan saja yang bersertifikat halal. Ini yang menjadi dapat tugas Sucofindo nantinya," lanjut Sitta.

Dalam kesempatan ini M. Kuncoro Wibowo menyampaikan bahwa peran BGR Logistik mulai dari penyimpanan, pengemasan hingga pendistribusian. Logistik halal harus bisa traceable.

 Logistik halal akan berdasar pada pemisahan (segregation) antara produk halal dengan non halal yang dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan penanganan barang, menjaga agar tidak saling terkontaminasi serta memastikan konsistensi penanganan halal logistik sebagaimana harapan para muslim. BGR Logistics menggandeng Sucofindo sebagai badan sertifikasi halal logistik di Indonesia.

Aplikasi Warung Pangan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Koperasi & UKM sejak Agustus 2020 akan mendistribusikan pangan. Mulai dari hulu (petani, peternak, nelayan, serta produk-produk dari BUMN Klaster Pangan) sampai dengan hilir (UMKM dan konsumen). 

"Dengan memiliki sertifikasi halal, maka akan membuat para UMKM dan Konsumen senang karena proses pengadaan, pengemasan dan pendistribusian dijamin kehalalannya oleh kami," pungkas Kuncoro. 

BGR Logistics merupakan BUMN penyedia jasa logistik di Indonesia yang memiliki layanan logistik terintegrasi. Mulai dari logistics solution, integrated logistics solution & supply chain, dan waste integrated solution. Sebagai BUMN yang berdiri sejak 11 April 1977, BGR Logistics juga telah bertransformasi menjadi perusahaan logistik digital. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES