Ekonomi UMKM Tangguh

Wow, Ada Bordir Lukis di Galeri D39 Milik Heny Moerdaningsih

Kamis, 19 November 2020 - 19:24 | 109.34k
Kolekso Galerri D39 milik Heny Moerdaningsih. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Kolekso Galerri D39 milik Heny Moerdaningsih. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
FOKUS

UMKM Tangguh

TIMESINDONESIA, MADIUN – Bagi kalangan pecinta fashion, teknik bordir maupun lukis mungkin tak asing di telinga mereka, tetapi bagaimana jika bordir dan lukis dikombinasikan menjadi satu. Yakni, Borkis atau lebih dikenal bordir lukis.

Di Kota Madiun sendiri sudah ada pegiat UMKM pembuatan fashion Borkis yang produknya disukai berbagai orang di dunia.

bordir lukis 2

Heny Moerdaningsih dengan Galerri D'39 yang berada di Perum Dumai Indah, Jalan Dwijaya 3, Nomor 9, Kelurahan Klegen, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur yang sukses menarik minat pembeli dari beberapa belahan dunia untuk membeli produk Borkis nya.

"Mungkin borkis masih awam ya, karena biasanya kalau sudah bordir ya bordir aja, lukis ya lukis aja. Tetapi kalau dijadikan satu sepertinya masih jarang," ujar Heny saat ditemui TIMES Indonesia, Kamis (19/11/2020).

Heny mengatakan, produk miliknya yang paling terkenal yaitu baju dan masker borkis yang merupakan buatan tangan nya sendiri dengan cara dibordir sesuai motif dan dilukis menggunakan cat khusus dengan berbagai macam motif.

"Ada bunga, alat musik, dan pemandangan yang paling banyak dipesan dan disukai konsumen. Dan produk saya limited custom karena mengandung seni dan tidak dibuat masal," jelasnya.

Pada pameran Trade Expo Indonesia TEI tahun 2019 lalu di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten. Pada saat itu Indonesia mengundang 130 negara datang ke Indonesia dengan tujuan untuk mempromosikan produk nasional berkualitas agar dikenal oleh negara lain.

Pada saat itu, Heny pun ikut dalam pameran akbar tersebut. Banyak produknya disukai oleh banyak orang dari mancanegara karena berbeda dari yang lain.

bordir lukis 3

"Ada dari beberapa negara yang beli, seperti Amerika, Ajazair, Maroko, Spanyol, Belanda, China, Jerman. Jadi saya jelaskan kepada konsumen mancanegara, ini ada motif nya seperti ini, dibuat dengan bordir lalu dilukis  jadi mereka mengerti akan produk yang akan di beli, bahkan ibu Iriana Joko Widodo saja juga tertarik membeli kok," terangnya saat menunjukkan foto dirinya bersama Ibu Negara Indonesia Iriana Joko Widodo.

Dalam sebulan kurang lebih 100 baju Borkis yang sanggup ia produksi. Produk baju Borkis buatan Heny Moerdaningsih di banderol mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 1 juta 3 ratus 50 ribu. Selain baju juga ada jilbab borkis, masker borkis, kebaya borkis, mukenah borkis dan yang paling mahal outter Bordir Lukis Batik  (Borkistik) dengan harga Rp. 1.350 ribu.

"Rata - rata yang membeli produk saya itu cukup memperhatikan fashion, jadi menurut mereka harga tidak terlalu penting yang penting produknya bagus dan berbeda dari yang lain, jadi ya kalangan menengah ke atas," tambahnya.

Ungkapan bahwa keindahan seni tergantung bagaimana cara pandang seseorang memang benar, pasalnya Heny menjual baju yang banyak dijual di pasaran. Tetapi yang berbeda adalah sentuhan seni yang diterapkan pada motif-motif dan ditumpahkan dengan teknik bordir lukis (borkis), "Disini saya bukan menjual baju, tetapi seninya," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES