Peristiwa Internasional

Wabah Covid-19: Dibutuhkan Pengurus Jenazah Wanita di Korea Selatan

Kamis, 19 November 2020 - 18:36 | 43.11k
Ilustrasi: Peti mati. (Foto: Noxos/Freepik)
Ilustrasi: Peti mati. (Foto: Noxos/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak pandang bulu, Covid-19 juga menyerang Korea Selatan yang terkenal dengan K-Pop-nya. Bahkan dengan adanya budaya setempat yang kuat negara ini kini membutuhkan lebih banyak lagi pengurus jenazah wanita.

Tak jauh beda dengan Indonesia, Korea Selatan masih memegang teguh bahwa adalah suatu hal yang tabu jika lelaki menyentuh perempuan yang tidak ada hubungan apapun dengannya. Begitupun juga sebaliknya.

Banyak keluarga yang memiliki nenek, istri, saudara perempuan, atau anak perempuan dalam keluarga mereka tak rela jika anaknya disentuh pengurus jenazah pria. Hal ini membuat para wanita memiliki peluang besar dengan melamar sebagai pengurus jenazah wanita.

Selain Covid-19, Korea Selatan juga dikenal mempunyai angka kematian yang tinggi akibat bunuh diri. Tak hanya dari khalayak umum, bahkan kejadian ini umum dilakukan oleh artis perempuan. Hal ini membuat semakin meningkatnya kesadaran publik terhadap kejahatan seksual.

"Pihak keluarga lebih nyaman jika kami menangani jenazah-wanita-nya," ungap Park Bo Ram, wanita cantik yang berprofesi sebagai Direktur sebuah tempat pemakaman di Korea Selatan. 

Dahulunya hanya ada 1/3 wanita dari jumlah keseluruhan pengurus jenazah di Korea Selatan. Namun sekarang jumlahnya sudah meningkat hingga sekitar 60 persen.

"Aku benar-benar tidak ingin mereka (para lelaki) menyentuh, memandikan dan memakaikan baju pada tubuh telanjangku saat aku mati nanti," ungkap Park Se Jung, siswi sekolah pemakaman jenazah setempat.

Se Jung, gadis cantik asal Korea Selatan ini juga berpendapat bahwa arwah si jenazah yang meninggal juga akan lebih bahagia dan merasa lebih bermartabat jika dia tahu yang mendandaninya waktu pemakaman adalah sesama wanita. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES