Peristiwa Daerah Pilkada Serentak 2020

Sebanyak 485 Personel Polres Biltar Bakal Amankan Pilbup Blitar 2020

Kamis, 19 November 2020 - 17:09 | 48.02k
Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya (FOTO: Sholeh/ TIMES Indonesia)
Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya (FOTO: Sholeh/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTAPolres Blitar akan menerjunkan sebanyak 485 personel untuk mengamankan jalannya pemungutan suara Pemilihan Bupati Blitar (Pilbup Blitar) pada 9 Desember 2020 mendatang.

Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, personel pengamanan yang diterjunkan itu nanti merupakan anggota terbaik Polres Blitar. Anggota tersebut, menurutnya, telah disiapkan jauh hari sebelum pelaksanaan Pilbup. 

"Berbagai persiapan sudah kita laksanakan, nanti kita akan turunkan personel-personel terbaik untuk melakukan pengamanan di seluruh wilayah hukum Polres Blitar," kata Fanani, Kamis (19/11/2020).

Pada Pilbup Blitar, Polres Blitar akan mengamankan 1540 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 171 desa. Fanani menguraikan, pihaknya akan menyiagakan 2 personel polisi dan 10 personel Linmas untuk 20 TPS di wilayah yang masuk kategori aman.

"Sedangkan, untuk wilayah yang kategori rawan akan disiagakan 2 personel polisi dan 2 Linmas untuk mengamankan 4 TPS. Sementara wilayah yang masuk kategori sangat rawan akan diberlakukan pola pengamanan 2 personel polisi dan 1 Linmas untuk 2 TPS," jelasnya.

Fanani mengemukakan, daerah yang masuk kategori rawan di wilayah hukumnya adalah daerah yang cukup jauh dan akses jalan yang sulit, seperti beberapa desa di wilayah Blitar Selatan. Daerah kategori rawan, ditegaskannya, bukanlah daerah potensi konflik.

"Karena jauhnya jarak. Sehingga kita menganggap ini ada kerawanan, utamanya saat proses surat suara sebelum maupun sesudah pencoblosan," urai Fanani.

Lebih jauh Fanani menuturkan, pengamanan Pilbup Blitar juga akan diback up oleh 300 personel TNI, satu pleton personel Brimob, 3018 personel Linmas dan bantuan 200 personel Polres tetangga. "Bantuan pengamanan dari  jajaran dari Polres Blitar tetangga terutama Polres yang di daerahnya tidak melaksanakan Pilkada," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES