Kesehatan

Stop Jangan Pakai Pasta Gigi, Ini Pertolongan Pertama Saat Luka Bakar

Kamis, 19 November 2020 - 16:16 | 58.55k
Jangan Gunakan Pasta Gigi untuk Mengobati Luka Bakar (FOTO: Klikdokter.com)
Jangan Gunakan Pasta Gigi untuk Mengobati Luka Bakar (FOTO: Klikdokter.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pasta gigi kerap dianggap pertolongan pertama pada luka bakar. Selain mudah didapat, karena selalu ada di rumah, pasta gigi juga punya sensasi dingin (mint) yang dinilai mampu mendinginkan luka bakar.

Namun ternyata penggunaan pasta gigi tidak benar. Sebab pasta gigi sebenarnya justru memperparah luka bakar. Pasta gigi punya kandungan fluoride yang berfungsi mencegah gigi berlubang sekaligus melindungi gigi. Nah jika pasta gigi dioleskan ke luka bakar, maka akan menghalangi panas dan bakteri jahat terperangkap dalam kulit. 

Lantas bagaimana cara pertoolngan pertama pada luka bakar?

Anda harus segera menangkan diri jika terjadi luka bakar, supaya Anda dapat berfikir jernih. Pertolongan yang paling utama adalah menyiram bagian luka bakar dengan air mengalir. Tujuannya agar luka tak ikut suhu tubuh yang tinggi karena terbakar, sehingga panas tidak menjalar ke jaringan yang lebih dalam.

Jika daerah yang terkena luka bakar tertutup pakaian, segera lepaskan pakaian tersebut. Hal ini mencegah kain menempel pada luka.

Segera cek luka bakar. Jika tak terlalu serius, Anda dapat menggunaan salep khusus luka. Namun jika luka bakar cukup serius segera bawa ke klinik terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES