Peristiwa Daerah

Gandeng BPBD Tuban, Pokmas Sidomulyo Gelar Simulasi Kesiapsiagaan Penanganan Bencana

Kamis, 19 November 2020 - 15:46 | 83.72k
Tim dari BPBD Tuban saat melakukan simulasi penanggulangan bencana, Kamis, (19/11/2020). (FOTO: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)
Tim dari BPBD Tuban saat melakukan simulasi penanggulangan bencana, Kamis, (19/11/2020). (FOTO: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Kelompok Masyarakat Tunas Muda kelurahan Sidomulyo (Pokmas Sidomulyo), Kecamatan/Kabupaten Tuban bersama dengan tim BPBD Tuban, menggelar simulasi kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, Kamis, (19/11/2020).

Dalam giat tersebut, Tim dari BPBD Tuban melakukan simulasi cara penanganan awal bencana kebakaran dan sejenis lainnya.

Lurah Sidomulyo, Achzar Pradiska mengatakan, kegiatan pelatihan kesiapsiagaan bencana tersebut diikuti peserta dari RT, RW dan Karang Taruna.

BPBD-Tuban-2.jpg

"Kegiatan simulasi tanggap bencana yang menggunakan dana dari kelurahan ini merupakan salah satu prioritas utama dari total 8 program pemberdayaan masyarakat Sidomulyo," beber Achzar.

Tujuannya, lanjutnya, sebagai antisipasi penanggulangan bencana kebakaran ataupun bencana alam lainnya. Mengingat kelurahan Sidomulo merupakan daerah yang padat penduduk dan juga terletak di pesisir pantai.

"Kenapa kita ambil kegiatan kesiapsiagaan bencana ini karena kita melihat potensi wilayah dan SDM di sini. Di sini ada potensi kebencanaan yang mungkin saja bisa terjadi seperti kebakaran atau banjir roob," jelas Achzar.

Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan masyarakat Sidomulyo memiliki wawasan terkait penanggulangan bencana. Sehingga jika ada suatu bencana, warga bisa siap siaga dan tanggap terhadap bencana tersebut.

Guna mendukung hal itu, selain simulasi yang digelar Pokmas Sidomulyo, kelurahan Sidomulyo juga telah membentuk tim tangguh bencana. "Setelah membentuk tim tangguh ini nanti ada evaluasi dan merencanakan kegiatan ke depan. Jadi nanti ada aplikasi kegiatan yang membuat masyarakat semakin tanggap dan siapsiaga pada bencana," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES