Wisata

Puthuk Gragal, Wisata Pendakian Terbaru di Mojokerto yang Patut Dijajal

Kamis, 19 November 2020 - 15:09 | 1.01m
Wisata pendakian Puthuk Gragal, Desa Cembor, Pacet, Mojokerto (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Wisata pendakian Puthuk Gragal, Desa Cembor, Pacet, Mojokerto (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Untuk para pecinta alam atau yang suka mendaki gunung. Kini di Kabupaten Mojokerto telah dibuka Jalur pendakian baru. Pendakian tersebut yaitu pendakian Puthuk Gragal.

Meski pendakian ini baru dibuka pada 10 Oktober 2020, para pendaki tak perlu khawatir karena jalur ini sudah resmi dan aman untuk didaki serta sudah beransurasi.

Wisata pendakian Puthuk Gragal B

Pendakian ini dikelola oleh Perum Perhutani KPH Pasuruan dan LMDH Suber Kencono yang bekerja sama dengan Karangtaruna Desa Cembor, Pacet, Mojokerto.

Nahrofi Al Huda (28), penjaga loket karcis mengatakan, bahwa pendakian ini sudah di resmikan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Mojokerto.

"Untuk pendakian Puthuk Gragal ini sudah diresmi dibuka pada tanggal 10 Oktober kemaren. Untuk keamanan dan semua fasilitas penanda sudah kita lengkapi semua," ungkap Huda, Kepada TIMES Indonesia, Kamis (19/11/2020).

Untuk menikmati wana wisata alam pendakian Puthuk Gragal ini pengunjung hanya dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 10 ribu saja. "Itu sudah dengan ansuransi jika ada kecelakaan," jelas Huda.

Meskipun pendakian ini terbilang baru namun pengunjung sudah mulai banyak. Untuk hari biasa pengunjung bisa mencapai 30-50 orang, serta saat akhir pekan bisa mencapai 300 orang.

Wisata pendakian Puthuk Gragal C

Mengingat masih dalam pandemi covid-19 para pendaki diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Huda yang merupakan salah satu pengurus karang taruna desa sekitar, berharap pendakian ini menjadi salah satu destinasi wisata alam unggulan di Mojokerto. Sehingga masyarakat sekitar bisa terdongkrak ekonominya.

"Karena masih baru, semoga tambah banyak pengunjungnya. Karena ini juga bekerjasama dengan karang taruna sekitar jadi bisa menambah perekonomian warga sekitar serta mengurangi pengangguran untuk pemuda sini,"  harap Huda.

Sementara itu Muhammad Azmi R, salah satu pendaki asal Tuban mengatakan, bahwa pendakian Puthuk Gragal ini sangat indah, alamnya yang masih asri menambah keindahannya.

"Jalurnya juga enak bagi pendaki pemula, alamnya masih asri dan sangat bagus. Semoga tetap terjaga keasriannya. Tak hanya keindahan gunungnya, kita juga disuguhi air terjun yang menambah indah dari pendakian ini," kata Azmi dari lokasi pendakian Puthuk Gragal di Kabupaten Mojokerto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES