Peristiwa Daerah

Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Kabupaten Indramayu Jadi Zona Orange

Kamis, 19 November 2020 - 15:05 | 41.41k
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Pemkab Indramayu tak mampu mempertahankan status zona kuning Covid-19 imbas terjadi lonjakan pasien positif beberapa hari lalu. Saat ini status Covid-19 di Kabupaten Indramayu kembali berubah menjadi zona orange atau resiko sedang.

Hal tersebut didapat dari update level kewaspadaan Covid-19 di kabupaten/kota Jawa Barat, yang dirilis oleh Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Barat, periode 9-15 November 2020.

Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, peningkatan status zona di Kabupaten Indramayu, diakibatkan adanya lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu dalam beberapa hari terakhir.

"Penambahan kasus terbanyak terjadi pada 14 November 2020, ada 26 pasien terkonfirmasi Covid-19 dalam sehari," jelasnya, Kamis (19/11/2020).

Jumlah itu, lanjut Deden, menjadi rekor baru penambahan kasus selama pandemi Covid-19 melanda di Kabupaten Indramayu.

Pada hari Rabu (18/11/2020) kemarin saja, lanjutnya, kembali ada penambahan kasus positif Covid-19, yakni sebanyak 7 pasien baru. Mereka terdiri dari wiraswasta sebanyak 4 orang, tenaga kesehatan 2 orang, dan ibu rumah tangga 1 orang.

Mereka berasal dari Kecamatan Indramayu sebanyak 4 orang dan Kecamatan Sindang sebanyak 3 orang. "Enam orang isolasi mandiri, dan satu orang isolasi di RSUD Indramayu. Sedangkan untuk kontak erat kita masih lakukan pendataan," ujar dia.

Secara kumulatif, lanjut Deden, kini total pasien Covid-19 di Kabupaten Indramayu mencapai 517 orang. Dengan rincian, 256 pasien sembuh, 28 pasien meninggal dunia, dan sisanya sebanyak 233 pasien masih menjalani perawatan.

Deden menambahkan, dari data yang di-update Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Barat, ada 14 kabupaten/kota yang masuk dalam kategori zona orange, salah satunya adalah Kabupaten Indramayu.

Selain Kabupaten Indramayu, lanjutkan, 13 daerah lainnya adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Depok, dan Kota Tasikmalaya.

Dengan adanya lonjakan kasus Positif Covid-19 ini, Deden mengingatkan agar warga tetap berhati-hati dan waspada. Pandemi Covid-19 belum berakhir.

Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu juga mengimbau agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari agar keluardari zona orange. "Selalu patuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3 M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak)," ungkapnya. (*)

Pesan Redaksi:

Mari bersama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES