Kuliner

4 Langkah Praktis Hilangkan Sensasi Panas Setelah Memegang Cabai

Kamis, 19 November 2020 - 13:34 | 64.02k
Illustrasi - Cabai kuning panas (FOTO: Pixabay.com)
Illustrasi - Cabai kuning panas (FOTO: Pixabay.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernah merasakan sensasi panas setelah memegang cabai? Sensasi panas biasanya karena kulit menyentuh cabai baik saat memasak maupun saat makan menggunakan tangan (tanpa sendok/ garpu). 

Rasa panas itu bisa muncul di tangan dikarenakan adanya selaput atau bagian putih yang mengelilingi biji cabai (minyak cabai).

Meski sudah cuci tangan menggunakan sabun, namun rasa panas tak juga pergi.

Nah berikut ini cara menghilangkan rasa panas di tangan setelah memegang cabai.

1. Minyak zaitun

Oleskan minyak zaitun pada tangan, ssebelum memegang cabai. Ini juga berlakuu bagi ANda yang ingin memasak menggunakan bahan cabai, maupun makan sambal atau olahan pedas lainnya menggunakan tangan (tanpa sendok/ garpu).

Jika tak ada minyak zaitun, anda dapat menggunakan minyak goreng.

Minyak dapat melarutkan minyak cabai di permukaan kulit.

2. Alkohol gosok

Alkohol gosok atau rubbing alcohol juga dapat menyembuhkan sensasi panas pada tangan. Minyak cabai lebih larut dalam alkohol dibandingan dengan air.

3. Sabun cuci piring

Kandungan deterjen pada sabun cuci piring jauh lebih banyak dibanding dengan sabun mandi. Sabun cuci piring memang diformulasikan sebagai penghilang lemak. Jadi sabun cuci piring juga ampih menghilangkan minyak cabai yang menempel di tangan.

4. Pasta soda kue

Anda juga dapat menggunakan pasta soda kue untuk menghilangkan sensasi panas karenna cabai. Buat pasta dengan mencampur soda kue dengan air. Oleskan pada tangan yang terasap panas, dan biarkan mengering. Lalu cuci bersih tangan, sensasi panas karena cabai akan hilang. 

Jadi tak perlu bingung lagi ya, jika merasakan sensasi panas setelah memegang cabai, segera hilangkan dengan salah satu dari 4 cara tersebut. Selamat mencoba! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES