Kuliner

Jangan Dibuang, Cangkang Telur Bisa Dijadikan Pupuk Lho!

Kamis, 19 November 2020 - 13:22 | 54.00k
Illustrasi - Cangkang Telur (FOTO: res.cloudinary.com)
Illustrasi - Cangkang Telur (FOTO: res.cloudinary.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hobi berkebun menjadi tren di masa pandemi seperti saat ini. Bahkan ada budget khusus untuk merawat tanaman kesayagan. Mulai dari membeli tanamanya itu sendiri, media tanamn (tanah), pot, obat, termasuk pupuk. Eh tapi tunggu dulu, Anda bisa menghemat belanja pupuk loh. Caranya pakai cangkang telur

Kog bisa? Bisa dong cangkang telur ternyata baik untuk tanaman. Sebagai pupuk, Anda dapat menaburkan cangkang telur yang telah dihaluskan pada setiap lubang sebelum menanam. Setelahnya Anda dapat menaburkan cangkang telur halus ke pangkal tanaman setiap 2 pekan. 

Cangkang telur juga bermanfaat untuk pengomposan. Selain karena mudah dipecahkan, cangkang kulit telur juga bisa menambahkan dosis kalsium yang baik untuk tanaman.

Cangkang telur terbukti mampu mencegah pembusukan ujung bunga tanaman. Cangkang telur juga ampuh mencegah hama seperti siput.

Tak itu saja, cangkang telur juga mencegah kucing berkeliaran di area tanaman. Cangkang telur membuat kucing tak nyaman karena teksturnya yag keras dan tajam. 

Catatan penting jika Anda akan menggunakan cangkang telur untuk 'manjaga' tanaman, pastikan cangkang telur yang digunakan telah kering sempurna. Sehingga tidak mengundang serangga lain yang tak diinginkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES