Peristiwa Daerah

Selama Pendemi Kasus ODHA di Kota Cirebon Capai 200 Orang

Kamis, 19 November 2020 - 12:32 | 42.50k
Sekretaris KPA Kota Cirebon Sri Maryati (Foto: ayu lestari/TIMES Indonesia)
Sekretaris KPA Kota Cirebon Sri Maryati (Foto: ayu lestari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cirebon memaparkan angka pasien kasus orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di masa pendemi meningkat hingga mencapai 200 orang.

Sekretaris KPA Kota Cirebon Sri Maryati mengatakan peningkatan kasus positif HIV/AIDS (ODHA) disebabkan sedikit pasien yang sadar untuk melakukan pengobatan secara rutin.

"Mereka yang tidak ingin berobat alasannya karena memang pemahaman yang terkait dengan pengobatan HIV ini masih sangat minim dan menjadi masalah, Ya mereka menganggapnya baik-baik saja atau terasa sehat, sehingga tidak perlu mengakses obat," kata Maryati, Kamis (19/11/2020).

Maryati mencatat, di tahun 2019 total kasus positif HIV/AIDS di Kota Cirebon tercatat 1252 kasus.

"Kalau tahun ini jumlahnya sampai mencapai 1500," katanya.

Dari data yang tercatat KPA, yang sudah mengikuti pengobatan baru 600 orang. Padahal, jika memenuhi target 60 persen sebanyak 900 orang harus berobat.

"Kalau dari 1500 ke 600 itu kisaran baru 45 persen yang baru sadar pengobatan, kita masih punya utang 20 persenan lagi," ujarya

Dia mengatakan, strategi yang dilakukan KPA Kota Cirebon akan lebih mengikat mereka yang positif untuk bisa melanjutkan pengobatannya.

Strategi lainnya, tambah Maryati, melalui KPA Propinsi Jawa Barat, KPA mempunyai petugas KPAP yang bertugas untuk melakukan pendekatan kepada mereka yang putus obat.

"KPAP ini tugasnya melakukan pendekatan kepada ODHA yang gak berobat lagi dengan tujuan supaya mereka mau kembali berobat," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES