Pemerintahan

Menteri Wishnutama Ajak Pelaku Wisata dan Pertunjukan Musik Sinergi Bangkitkan Parekraf

Kamis, 19 November 2020 - 08:16 | 10.82k
Menteri Wishnutama Ajak Pelaku Wisata dan Pertunjukan Musik Sinergi Bangkitkan Parekraf
Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio menyimak paparan peserta dalam acara Contact Wishnutama Kusubandio (end) (CMEW) dengan tema #WeWillSurvive, Minggu (15/11/2020). (FOTO: Kemenparekraf RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi KreatifWishnutama Kusubandio, mengajak para pelaku ekonomi kreatif terutama yang bergerak di sektor seni pertunjukan musik untuk mempererat sinergi dengan pelaku wisata untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air yang terdampak pandemi Covid-19.

Dalam Contact Music and Entertainment Week(end) (CMEW) dengan tema #WeWillSurvive, Minggu (15/11/2020), Wishnutama mengatakan Indonesia telah beberapa kali menjadi tuan rumah acara-acara festival musik dan pertunjukan bertaraf internasional seperti Java Jazz Festival, Hammersonic Festival, Asian Games dan Asian Para Games 2018, serta Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) 2018. 

“Dengan pengalaman dalam acara-acara bertaraf internasional ini, saya yakin Indonesia memiliki kemampuan dan bisa menyelenggarakan berbagai acara bertaraf global,” kata Wishnutama.

Contact-Wishnutama-Kusubandio.jpg

Meski demikian, Wishnutama mengakui pandemi Covid-19 yang dialami oleh Indonesia dan seluruh negara di dunia memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap industri kreatif dan sektor pariwisata di Tanah Air. Untuk itu, perlu ada sinergi yang kuat antara pelaku kreatif yang bergerak di sektor seni pertunjukan dan pelaku wisata dalam mengemas sebuah acara yang menarik untuk menggerakkan kembali kedua sektor yang saling berkaitan ini.

“Salah satu upaya yang bisa kita lihat di masa adaptasi kebiasaan baru ini adalah banyak penyelenggara pertunjukan yang membuat acara-acara pertunjukan secara daring. Sehingga, penonton dapat menikmati pertunjukan atau konser tersebut dari mana saja tanpa harus berkumpul di suatu tempat,” katanya.

Sinergi tersebut sudah terlihat dalam pelaksanaan beberapa festival musik di Indonesia. Salah satunya dalam gelaran Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 yang dilaksanakan secara daring dari Candi Prambanan. "Sinergitas ini juga mendapat dukungan penuh dari Kemenparekraf/Baparekraf dan acara ini mendapat respons yang sangat positif dari berbagai kalangan," ucap Wishnutama.

Dalam kesempatan itu, Wishnutama menuturkan pihaknya juga telah melakukan berbagai program dan kebijakan untuk terus menjaga keberlangsungan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Seperti program #BeliKreatifLokal dan #BanggaBuatanIndonesia.

“Kedua program ini adalah gerakan nasional yang bertujuan untuk membangkitkan rasa bangga dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk buatan dalam negeri. Terutama produk-produk yang diproduksi oleh pelaku usaha kecil dan menengah,” jelas Wishnutama.

Selain itu, Kemenparekraf RI/Baparekraf juga melaksanakan berbagai pelatihan dan webinar yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru bagi masyarakat dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga, ia berharap acara ini dapat menjadi wadah bagi para pelaku industri musik terutama promotor musik maupun promotor event untuk menambah wawasan dan pengetahuan sebagai dasar untuk menyusun strategi cara menyelenggarakan festival musik yang menarik dan meriah.

“Acara ini juga diharapkan dapat mendorong seluruh pelaku usaha di bidang industri musik dan hiburan agar bisa terus belajar, berdiskusi, dan berkembang di masa depan,” katanya.

Wishnutama mengungkapkan acara ini diharapkan dapat membentuk jaringan diskusi antar sesama promotor musik untuk memperkuat jaringan dan bertahan di masa pandemi COVID-19 yang memberikan dampak yang sangat besar di sektor pertunjukan.

Contact-Wishnutama-Kusubandio-2.jpg

“Acara ini juga menjadi suatu bentuk kepedulian terhadap pelaku bisnis dan hiburan di Tanah Air dan sebagai medium yang potensial agar dapat bangkit Kembali, We Will Survive. Saya sangat yakin dengan adanya wadah ini perkembangan di sektor industri musik dan hiburan di Indonesia akan bangkit kembali dengan sinergi yang baik yang dihimpun oleh Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) akan dapat memberikan semangat, wawasan, dedikasi, dan memulihkan mereka yang terdampak di masa pandemi ini menuju masa depan yang lebih baik lagi,” ungkap Wishnutama.

Ia memaparkan pihaknya juga telah menyusun buku panduan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability) di berbagai sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dapat diunduh secara gratis di situs www.kemenparekraf.go.id. “Buku panduan ini dapat diunduh dan dibaca oleh masyarakat umum serta pelaku wisata dan ekonomi kreatif untuk diaplikasikan dan diterapkan sesuai dengan program Indonesia Care yang telah kami luncurkan,” ujar Wishnutama.

Sementara itu, Chairman APMI, Dino Hamid, menjelaskan asosiasi yang memayungi para promotor acara dan festival musik di Indonesia ini dibentuk pada 28 Oktober 2020 bertepatan pada Hari Sumpah Pemuda oleh dirinya beserta enam promotor musik terkemuka di Tanah Air. Yakni Dewi Gontha (penggagas Java Jazz Festival, Java Festival Production), Emil Mahyudin (Nada Promotama), David Karto (Synchronize Festival), Darshan Pridhnani (Hype Festival), Donny Junardy (Penggagas Hammersonic Festival), dan Anas Syahrul Alimi (penggagas Prambanan Jazz, Rajawali Indonesia).

“APMI berpegang pada lima pilar pedoman yaitu sosialisasi, komunikasi, diskusi, edukasi, dan distribusi yang diharapkan dapat ikut menyukseskan industri musik dan hiburan serta menjadi asosiasi penting yang dapat memberikan manfaat bagi para promotor musik di Indonesia,” jelas Dino.

Dino yang juga menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Berlian Entertainment ini berharap acara ini dapat memberikan wawasan dan gagasan baru bagi para pelaku usaha pertunjukan musik untuk berupaya bangkit dari keterpurukan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. 

“Acara ini merupakan wadah atau platform yang dapat memberikan pengetahuan, wawasan, dan strategi untuk mendorong seluruh pelaku usaha di bidang industri musik dan hiburan agar bisa terus belajar, berdiskusi, dan berkembang di masa depan dengan belajar dari para pakar dan praktisi yang berpengalaman dari pelaku event berkelas Internasional,” ujar Dino.

Selain Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio dan Dino Hamid, acara ini juga dihadiri oleh Head of Artist Management Tomorrowland, Nick Royaards; CEO North Agenda dan anggota tim produksi Coachella and Stagecoach, Sean Sandoval; Presiden Direktur PT Java Festival Production, Dewi Gontha; dan pendiri Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi. Selain itu, acara ini juga diisi dengan pertunjukan musik yang menampilkan Vira Talisa, Bruno Major, dan grup band .Feast. (*)



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

EKORAN

TERBARU

  • Swab Test di Bandara Shanghai Pudong Cina Berlangsung Ricuh
    Swab Test di Bandara Shanghai Pudong Cina Berlangsung Ricuh
    26/11/2020 - 01:29
  • Perspektif Political Marketing dalam Keteladanan Kepemimpinan
    Perspektif Political Marketing dalam Keteladanan Kepemimpinan
    26/11/2020 - 00:14
  • Disparbud Kabupaten Malang Gelar Simulasi Event Malang Hybrid Fashion
    Disparbud Kabupaten Malang Gelar Simulasi Event Malang Hybrid Fashion
    25/11/2020 - 23:13
  • PT Darmi Bersaudara Tbk Optimistis Katrol Laba di Tahun 2021
    PT Darmi Bersaudara Tbk Optimistis Katrol Laba di Tahun 2021
    25/11/2020 - 23:06
  • Bawaslu Sulteng Temukan Kasus Pelanggaran Protokol Kesehatan di Masa Kampanye
    Bawaslu Sulteng Temukan Kasus Pelanggaran Protokol Kesehatan di Masa Kampanye
    25/11/2020 - 22:54
  • Kemendes PDTT Bentuk Desa Inklusif
    Kemendes PDTT Bentuk Desa Inklusif
    25/11/2020 - 22:47
  • Presiden RI Jokowi Serahkan DIPA 2021 Kementerian PUPR RI
    Presiden RI Jokowi Serahkan DIPA 2021 Kementerian PUPR RI
    25/11/2020 - 22:32
  • Dinas Pendidikan Pulau Taliabu dan Unkhair Ternate Gelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah
    Dinas Pendidikan Pulau Taliabu dan Unkhair Ternate Gelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah
    25/11/2020 - 22:26
  • Gubernur Jatim Khofifah Raih Dua Penghargaan Sekaligus
    Gubernur Jatim Khofifah Raih Dua Penghargaan Sekaligus
    25/11/2020 - 22:12
  • Kejari Kota Batu Bahas Problematika Hukum Petani dalam Theng Theng Crit
    Kejari Kota Batu Bahas Problematika Hukum Petani dalam Theng Theng Crit
    25/11/2020 - 22:05

TIMES TV

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

15/11/2020 - 07:16

Jalan Jokowi di Abu Dhabi Hasil Barter Lahan Hektaran di Indonesia

Jalan Jokowi di Abu Dhabi Hasil Barter Lahan Hektaran di Indonesia
Bincang soal Fanatisme Kpopers sejak SD

Bincang soal Fanatisme Kpopers sejak SD
Maluku Tenggara Akan Peringati Hari Sumpah Pemuda di Pulau Kecil Terluar

Maluku Tenggara Akan Peringati Hari Sumpah Pemuda di Pulau Kecil Terluar
Oh my God, Aksi Demo UU Cipta Kerja disusupi Massa bayaran?

Oh my God, Aksi Demo UU Cipta Kerja disusupi Massa bayaran?

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Perspektif Political Marketing dalam Keteladanan Kepemimpinan
    Perspektif Political Marketing dalam Keteladanan Kepemimpinan
    26/11/2020 - 00:14
  • Harlah 53 KOPRI: Women In Development
    Harlah 53 KOPRI: Women In Development
    25/11/2020 - 02:22
  • Pemanfaatan Eduwisata Rumah Fosil Banjarejo Dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
    Pemanfaatan Eduwisata Rumah Fosil Banjarejo Dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
    25/11/2020 - 00:14
  • Membumikan Pendidikan Toleransi
    Membumikan Pendidikan Toleransi
    24/11/2020 - 17:17
  • Mengambil Hikmah dari Caci Maki Habib Rizieq dan Nikita Mirzani
    Mengambil Hikmah dari Caci Maki Habib Rizieq dan Nikita Mirzani
    24/11/2020 - 16:24
  • Anda Juga Keluarga Nabi Kok, Bahkan Keluarga Allah
    Anda Juga Keluarga Nabi Kok, Bahkan Keluarga Allah
    24/11/2020 - 12:26
  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Era Pandemi Covid-19
    Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Era Pandemi Covid-19
    23/11/2020 - 19:31
  • Belajar Akuntansi untuk Memahami Kerja Kapitalisme
    Belajar Akuntansi untuk Memahami Kerja Kapitalisme
    23/11/2020 - 18:24

KULINER

  • Mie Galau Malang Rasa Nikmat Harga Bersahabat
    Mie Galau Malang Rasa Nikmat Harga Bersahabat
    23/11/2020 - 01:15
  • Menikmati Mie Yamin Cirebon Saat Musim Hujan
    Menikmati Mie Yamin Cirebon Saat Musim Hujan
    23/11/2020 - 00:27
  • Resep Nasi Shirataki Bakar Tuna Kecombrang
    Resep Nasi Shirataki Bakar Tuna Kecombrang
    21/11/2020 - 07:27
  • Cafe Gesah Coffee and Culture, Sensasi Ngopi di Rumah Adat Osing Banyuwangi
    Cafe Gesah Coffee and Culture, Sensasi Ngopi di Rumah Adat Osing Banyuwangi
    20/11/2020 - 08:06
  • Tips Mudah Agar Alpukat Tak Mudah Busuk
    Tips Mudah Agar Alpukat Tak Mudah Busuk
    19/11/2020 - 15:48
  • Ini Deretan Barang Mewah Yang Disita KPK dari OTT Edhy Prabowo
    Ini Deretan Barang Mewah Yang Disita KPK dari OTT Edhy Prabowo
    26/11/2020 - 01:01
  • Kisah Anak Suku Pedalaman Papua yang Nekat Jual Babi Demi Jadi Tentara
    Kisah Anak Suku Pedalaman Papua yang Nekat Jual Babi Demi Jadi Tentara
    26/11/2020 - 00:24
  • Penyebab dan Kronologi Diego Maradona Meninggal Dunia
    Penyebab dan Kronologi Diego Maradona Meninggal Dunia
    26/11/2020 - 00:10
  • Edhy Prabowo Mundur dari Gerindra dan Menteri KKP
    Edhy Prabowo Mundur dari Gerindra dan Menteri KKP
    26/11/2020 - 00:42
  • Jokowi Tunjuk Luhut Binsar Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan
    Jokowi Tunjuk Luhut Binsar Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan
    26/11/2020 - 00:30