Peristiwa Internasional

Wadanjen US Arpac Tinjau Platex-A, Ini Harapan Pangdivif 2 Kostrad

Kamis, 19 November 2020 - 08:36 | 88.40k
Kehadiran Wadanjen US ARPAC di Lanud Abd Saleh Malang disambut Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han). (FOTO: Pendivif 2 Kostrad)
Kehadiran Wadanjen US ARPAC di Lanud Abd Saleh Malang disambut Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han). (FOTO: Pendivif 2 Kostrad)

TIMESINDONESIA, MALANG – Platoon Exchange Exercise atau Platex-A 2020, latihan bersama antara TNI AD dengan Angkatan Darat Amerika Serikat, saat ini sedang berlangsung di Satuan Yonif Para Raider 502 Kostrad, Jabung, Kabupaten Malang.

Deputy Commanding General US ARPAC Amerika Serikat, MG Jonathan P. Braga, Rabu (18/11/2020) sempat datang dan meninjau latihan bersama itu.

Braga yang didampingi Asisten Latihan (Aslat) Kasad, Mayor Jenderal TNI Harianto tiba di Lanud Abdulrachman Saleh Malang disambut Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han).

Latma Platex-A ini merupakan latihan yang pertama kalinya bagi TNI AD dengan U.S. Army di daerah Latihan di Honolulu, Hawaii tepatnya di Fort Shafter.

Kehadiran-Wadanjen-US-ARPAC-2.jpg

Mayor (Inf) Kemas Muhammad Nauval, Danyonif Para Raider 431 Kostrad sebagai Komandan Kontingen mewakili  TNI AD yang menghadiri langsung pembukaannya di Hawai pada Sabtu (14/11/2020) lalu.

Latihan bersama itu dibuka oleh Col Josh Bookout, Komandan 3rd Infantry Brigade Combat Team US Army di Fort Shafter, F-Quad Scholfield Barrack 25th Infantry Division.

Materi latihan antara lain halang rintang, demonstrasi senjata, kompetisi jasmani,  latihan dengan simulator, latihan  patroli tanpa kendaraan, dan MOUT /Latihan  Pertempuran Kota.

TNI AD Kostrad menyertakan sejumlah prajurit, sedangkan dari pihak U.S. Army melibatkat dua satuannya, yaitu 3-4 Cav US. Army dan Ligtning Academy.

Pangdivif 2 Kostrad menyampaikan ucapan selamat datang dan suatu kebanggaan serta kehormatan bisa menyambut kehadiran Wadanjen USARPAC beserta rombongan

"Terkait  Latma yang saat ini sedang berlangsung, tentu kita berharap hubungan kerjasama antara TNI AD dan US Army yang telah terjalin selama ini, akan semakin erat dan kokoh, serta dapat lebih ditingkatkan lagi di masa yang akan datang," katanya.

"Kerjasama dan kebersamaan antara TNI AD dan US Army ini harus senantiasa terpelihara sehingga bisa menjadi wahana pertukaran ilmu pengetahuan dan informasi, mempererat persahabatan serta berbagi pengalaman khususnya di bidang kemiliteran yang tentunya akan bermanfaat bagi prajurit-prajurit kedua negara," ujar Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han).

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES