Peristiwa Nasional

Tagar #AniesForPresidenRI2024 Trending, Benarkah Indikasi Kepercayaan Rakyat Tinggi?

Kamis, 19 November 2020 - 06:55 | 66.69k
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (FOTO: Kompas.com)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (FOTO: Kompas.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA#AniesForPresidenRI2024 sempat menjadi trending. Itu setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dipanggil oleh Polda Metro Jaya terkait kerumuman acara Rizieq Shihab, pada Selasa (17/11/2020) kemarin. 

Dalam hal itu, pengamat politik, Diah Ayu Permatasari menilai, tagar tersebut bukan indikator kepercayaan dan dukungan dari masyarakat terhadap Gubernur Anies Baswedan yang tinggi untuk maju di Pilpres 2024 nanti.

"Saya rasa masih terlalu dini untuk mengukur kepercayaan masyarakat terhadap calon presiden dimana perubahannya masih sangat dinamis terutama pada khalayak yang pragmatis," katanya kepada TIMES Indonesia, Kamis (19/11/2020).

 Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Teknologi Informasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya itu mengatakan, dalam media sosial terdapat banyak bias yang bukan menjadi ukuran khusus dalam menilai tingkat partisipasi politik terhadap suatu pilihan tertentu yang berlaku pada semua komunikator politik.

"Dapat dikatakan waktu saat ini seharusnya siapapun yang bersiap menjadi calon presiden harus bisa memulai dengan melakukan kinerja terbaik untuk membawa citra dan kredibilitas mereka yang dapat memulai menggiring opini dan pilihan publik yang positif," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno mengatakan, salah satu faktor tagar tersebut, Anies Baswedan sebagai satu-satunya orang di luar gerbong pemerintah yang namanya kerap muncul di berbagai survei calon presiden potensial pada 2024.

Menurutnya, pada momen pemeriksaan klarifikasi oleh Polda Metro Jaya kepada Gubernur Anies, membuat pendukung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu makin semangat. “Tanpa diperiksa pun loyalis Anies akan ngotot mengusungnya maju Pemilihan Presiden 2024,” ujarnya seperti mengutip dari Tempo.co.

Diketahui, beberapa survei nama Gubernur Anies memang kerap muncul dan tertinggi. Ia disandingkan bersama Prabowo, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil sebagai yang potensial maju di Pilpres 2024 nanti.

Sebelumnya, pemanggilan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait dengan soal agenda Rizieq Shihab oleh Polda Mero Jaya menyedot perhatian publik.

Gubernur Anies dimintai klarifikasi terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di acara Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus pernikahan putri Rizieq Shihab akhir pekan lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES