Politik Pilkada Serentak 2020

Warga Gombengsari Ingin Ipuk Fiestiandani - Sugirah Teruskan Pembangunan Banyuwangi

Rabu, 18 November 2020 - 22:43 | 65.13k
Ipuk Fiestiandani sedang berdialog dengan warga Gombengsari. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Ipuk Fiestiandani sedang berdialog dengan warga Gombengsari. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Warga Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, berharap Calon Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Cawabup Sugirah bisa melanjutkan pembangunan Kabupaten Banyuwangi yang selama ini sudah dijalankan dengan baik oleh Bupati Abdullah Azwar Anas.

"Selama ini pembangunan di Banyuwangi sudah cukup baik. Seperti daerah kami yang berkembang menjadi kawasan destinasi wisata," kata Hariono, pegiat wisata Gombengsari, Rabu (18/11/2020).

Hariono mengatakan, selama ini, Gombengsari menjadi desa wisata dengan potensi kopi, susu kambing etawa, gula aren, cokelat, dan lainnya. Selain itu warga Gombengsari yang mayoritas memiliki kebun kopi rakyat juga dilatih untuk mengolah kopi yang baik dan benar, sehingga turut menggerek perekonomian warga. Gombengsari kini dikenal sebagai kampung kopi.

Warga Gombengsari kini tak lagi menjual kopi kepada tengkulak. Mereka lebih memilih untuk mengolah kopi sendiri, sehingga kopi mereka memiliki nilai jual yang lebih. Seperti di Dusun Lerek kini mulai dikenal dengan brand kopi (Lerek Gombengsari), dengan berbagai jenis varian, arabica, robusta, dan lainnya.

"Seperti di Dusun Lerek, kini mulai ada brand   kopi Lego  Banyak warga di sini yang juga mengelola homestay karena mulai banyak wisatawan yang datang," kata Hariono.

"Tidak hanya di Gombengsari, tapi juga di berbagai desa, kami juga melihat warganya percaya diri untuk mengembangkan potensi desa," tambah Hariono.

Hariono berharap, berbagai program bagus tersebut diteruskan oleh duet Ipuk-Sugirah. Ipuk dinilai memiliki visi dan terobosan untuk memajukan Banyuwangi. Adapun Sugirah adalah petani tulen yang memahami betul bagaimana rakyat desa ke depan diberdayakan.

"Melihat program-program yang diusung Bu Ipuk dan Pak Sugirah, kami melihat ada kesinambungan dari pemerintah sebelumnya. Dan juga ada program-program baru yang sangat baik," tambahnya.

Sementara Ipuk mengatakan, banyak program untuk mengembangkan potensi desa. Seperti pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), UMKM Naik Kelas, Smart Kampung Plus, dan lainnya.

"Desa di Banyuwangi memiliki banyak potensi. Seperti di Gombengsari dengan kopi rakyat dan potensi lainnya yang kini sudah menjadi destinasi wisata. Ke depan desa kami siap mendampingi untuk terus dikembangkan, bersama desa-desa lainnya di Banyuwangi," kata Ipuk Fiestiandani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES