Peristiwa Nasional

Kemenag RI Siap Perbaiki Pelaksanaan Umroh Saat Pendemi Covid-19

Rabu, 18 November 2020 - 21:06 | 45.32k
Menteri Agama RI, Fachrul Razi. (FOTO: Kemenag RI)
Menteri Agama RI, Fachrul Razi. (FOTO: Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag RI) akan memperbaiki pelaksanaan umroh bagi jemaah Indonesia semasa pandemi Covid-19 setelah meninjau penyelenggaraan uji coba umroh sebelumnya.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan setidaknya terdapat empat hal yang perlu diperbaiki ke depan. Pertama, perlu karantina jemaah umrah minimal tiga hari sebelum berangkat.

"Ini dilakukan guna memastikan proses tes PCR/swab dilakukan dengan benar, tidak mepet waktunya dan menghindari risiko adanya pemalsuan data status jamaah," ujar Fachrul kepada wartawan, Rabu (18/11/2020).

Kedua, kata dia, agar ada verifikasi dan validasi dokumen hasil tes usap yang dilakukan oleh petugas Kementerian Kesehatan Indonesia sesuai protokol kesehatan untuk pelaku perjalanan dari luar negeri.

"Hasil di lapangan, bukti dokumen bebas Covid-19 belum terverifikasi secara sistem sehingga masih ada kemungkinan pemalsuan bebas SARS-CoV-2," tutur Menteri Fachrul.

Ketiga, masih kata Menag, jemaah harus melaksanakan disiplin yang ketat terkait dengan penerapan protokol kesehatan selama masa karantina, baik di Tanah Air maupun di hotel tempat jemaah menginap di Tanah Suci.

Dan terakhir, saat kedatangan jemaah umrah di Tanah Air agar dilakukan prosedur karantina oleh KKP Bandara Soekarno Hatta jika jamaah tidak dapat menunjukkan bukti hasil tes usap negatif Covid-19 dari Saudi.

"Jamaah akan dites PCR/swab selama masa karantina dan baru diizinkan melanjutkan perjalanan ke daerah asal setelah menunjukkan hasil negatif," tandas orang nomor 1 di Kemenag RI tersebut menegaskan akan memperbaiki pelaksanaan umroh jamaah Indonesia semasa pandemi Covid-19. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES