Peristiwa Daerah

Picu Kerumunan, Legislator Sesalkan Bazar di Pendapa Pemkab Bondowoso

Rabu, 18 November 2020 - 18:51 | 36.60k
Pengunjung bazar pangan murah di pendapa bupati Bondowoso tampak menyerbu bahan pangan. Mereka tak memerhatikan Protokol kesehatan Covid-19, yakni jaga jarak atau berkerumun (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Pengunjung bazar pangan murah di pendapa bupati Bondowoso tampak menyerbu bahan pangan. Mereka tak memerhatikan Protokol kesehatan Covid-19, yakni jaga jarak atau berkerumun (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, bersama Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Bondowoso menyelenggarakan bazar pangan murah, Selasa (17/11/2020). Namun kegiatan itu ternyata memicu munculnya kerumunan massa.

Menggapi hal itu, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso, menyayangkan kegiatan pemerintah yang mengabaikan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Bondowoso, A Mansur mengatakan, seharusnya pemerintah pemerintah memberikan contoh protokol kesehatan. Meski kegiatannya baik tetapi menyebabkan kerumunan akan berakibat fatal.

"Apalagi pembelinya banyak yang pegawai atau ASN. Seharusnya diatur. Apalagi pandemi Covid-19 ini masih ada," katanya.

Ia juga menilai bazar pangan murah itu tak tepat sasaran. Sebab penyelenggaraannya dilakukan di pendapa, sehingga tak semua masyarakat kurang mampu mengetahui.

"Seharusnya bazar pangan murah itu hanya untuk orang yang miskin kerja serabutan, bukan justru untuk kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN)," sesalnya.

Ia juga mempersoalkan, program tersebut dilaksanakan di pendapa bupati. Kenapa tidak ditempatkan di tempat-tempat yang bisa mencegah kerumunan, seperti di alun-alun.

"Kalau di lapangan atau di alun-alun tempatnya kan bisa dijejer, dan bisa diatur jaraknya agar tidak terjadi kerumunan pengunjung," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Bondowoso, Kukuh Triatmoko mengaku, bahwa bazar pangan murah yang diselenggarakan di Pendapa Pemkab Bondowoso itu telah ada pemberitahuan. "Ada pemberitahuan kegiatan itu," ucapnya singkat, Selasa (18/11/2020). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES