Peristiwa Nasional

Menag RI Ajak Seluruh Pihak Mendukung Pelaksanaan Umrah Menjadi Lebih Baik

Rabu, 18 November 2020 - 19:15 | 33.15k
Menag saat raker bersama DPR di Jakarta, Rabu (18/11). (Foto: Dokumentasi Kemenag)
Menag saat raker bersama DPR di Jakarta, Rabu (18/11). (Foto: Dokumentasi Kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama (Menag RI) Fachrul Razi mengajak seluruh pihak agar mendukung pelaksanaan umrah ke depan agar dapat dilaksanakan lebih baik.

Hal ini disampaikan Menag RI saat menyampaikan hasil pemantauan dan pengawasan pelaksanaan umrah di masa pandemi, dalam Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Keberhasilan pelaksanaan umrah di masa pandemi ini menurut Menag RI salah satunya juga bergantung pada kepatuhan protokol kesehatan dari jemaah.

"Saya berharap jemaah melaksanakan disiplin yang ketat, terkait dengan penerapan protokol kesehatan selama karantina, baik di tanah air maupun di tanah suci," kata Menag RI, Rabu (18/11/2020).

Berdasarkan hasil pemantauan dan pengawasan, menurut Menag RI perlu juga dilakukan beberapa perbaikan mekanisme pelaksanaan umrah di masa pandemi. Di antaranya, perlunya karantina jemaah pada saat keberangkatan minimal tiga hari, guna memastikan proses tes PCR/SWAB dilakukan dengan benar.

"Ini tidak mepet waktunya dan menghindari risiko adanya pemalsuan data status jemaah," kata Menag RI.

Selain itu penting juga dilakukan verifikasi dan validasi dokumen hasil PCR/SWAB yang dilakukan oleh petugas Kementerian Kesehatan RI sesuai protokol kesehatan untuk pelaku perjalanan dari luar negeri, termasuk juga dalam pelaksanaan umrah. Hasil pemantauan di lapangan, menurut Menag RI, ditemukan bukti dokumen bebas Covid-19 belum terverifikasi secara sistem, sehingga masih ada kemungkinan terjadi pemalsuan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES