Pemerintahan

Pada 2021, 35 Tower BTS Bakal Dibangun Kemenkominfo RI di Pulau Taliabu

Rabu, 18 November 2020 - 19:18 | 64.50k
Kepala Dinas Informasi dan komunikasi Pulau Taliabu saat berfoto dengan Kementerian Kominfo (FOTO: Dok Pemkab Taliabu)
Kepala Dinas Informasi dan komunikasi Pulau Taliabu saat berfoto dengan Kementerian Kominfo (FOTO: Dok Pemkab Taliabu)

TIMESINDONESIA, TALIABU – Kementerian Komunikasi dan informatika RI (Kemenkominfo RI) melalui Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi berencana membangun 35 tower BTS (Base Transceiver Station) atau jaringan telekomunikasi baru di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Pembangunan 35 tower BTS tersebut sebagai bentuk bantuan kementerian dan pihak Bakti dalam meningkatkan kecepatan jaringan telekomunikasi maupun internet di wilayah ini.

Kepala Dinas Kominfo Gafarudin Lewat WhatsApp Kepada Times Indonesia Rabu (18/11/2020)  mengatakan,  jika tidak ada halangan 35  BTS akan  dibangun pada tahun 2021.

"Sesuai dengan hasil pertemuan di Makassar, Kabupaten Pulau Taliabu diberikan bantuan 35 unit BTS lagi, Akan dikerjakan pada 2021," katanya.

Menurut dia, untuk percepatan  penyediaan BTS dan akses internet pada 35 lokasi di Pulau Taliabu, akan dilakukan survey oleh salah satu penyedia jasa yang di tunjuk oleh Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo.

"Tim tinggal dalam waktu dekat akan melakukan survei di beberapa desa yang telah diajukan pihak pemda. Namun, sebelum tim terlebih dahulu pihak Kominfo Pulau Taliabu akan melakukan pertemuan dengan pihak terkait, dalam hal ini kepala desa untuk penempatan BTS tersebut," akunya.

Dia mengatakan dengan rencana pembangunan BTS dan akses internet di 35 lokasi akan disebar kepada desa yang belum memiliki akses.

Apalagi rencana tower akan memakai teknologi terkini yakni ada 3 model, masing-masing akan tersambung dengan Kabel Fiber Optik. Jika tidak bisa akan menggunakan Teknologi Microwave, bila hal ini juga tidak ditunjang maka akan digunakan BTS dengan menggunakan parabola.

"Kita harapkan percepatan komunikasi merupakan target Pemkab Pulau Taliabu, untuk mengentaskan wilayah blank spot atau titik kosong sinyal komunikasi dan atas nama Pemkab, kami berterima kasih kepada Kementerian Kominfo atas dukungan pembangunan BTS dan akses internet di kabupaten berjuluk Hemungsia Sia Dufu ini," paparnya.

Gafarudin berharap dengan adanya pembangunan BTS  dari tahun ke tahun, jumlah wilayah bank spot semakin berkurang. Bahkan seluruh desa  diharapkan nantinya  dapat menggunakan signal dengan mudah, sehingga dapat melancarkan komunikasi.

"Kami menargetkan seluruh penjuru Taliabu dapat menikmati akses jaringan komunikasi dan internet dengan mudah dengan terpasang Tower BTS di seluruh Kabupaten Pulau Taliabu," ujarnya terkait dukungan Kemenkominfo RI tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES