Politik Pilkada Serentak 2020

Pertanian dan Perikanan Jadi Program Unggulan Pasangan Monas di Halmahera Timur

Rabu, 18 November 2020 - 15:56 | 33.31k
Pasangan Monas saat melakukan kampanye di salah daerah di Haltim. (Foto: Dok tim Monas for TIMES Indonesia)
Pasangan Monas saat melakukan kampanye di salah daerah di Haltim. (Foto: Dok tim Monas for TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, HALMAHERA TIMUR – Pasangan nomor urut 3 Moh. Abdu Nasar dan Azis Ajarat (pasangan Monas), bakal menjadikan sektor pertanian ini sebagai program unggulan di Halmahera Timur.

Sektor pertanian di kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara memiliki potensi yang cukup besar jika dikelola dengan baik. Bahkan, produksi padi dari para petani, menyamai skala industri. Sayangnya, perhatian Pemerintah daerah selama ini dinilai belum maksimal.

Bukan hanya Pertanian, tapi juga sektor perikanan, parawisata dan UMKM. Keempat sektor ini akan dibuat penanganan secara terintegrasi. Sehingga benar-benar memilki dampak sosial ekonomi terhadap masyarakat.

Pasangan Monas 1

"Kenapa sektor pertanian jadi program unggulan. Terbukti bahwa, di tengah dunia termasuk Indonesia dilanda Covid-19. Semua sumber kegiatan ekonomi terdampak. Indonesia dilanda resesi, namun mengejutkan adalah Pertanian malah tumbuh 2,5 persen, di tengah Covid. Itu membuktikan bawa sektor pertanian memiliki ketahanan yang tangguh yang mesti benar-benar diperhatikan," tegas Abdu, Selasa (17/11/2020).

Mantan Sekda Haltim ini lalu menjabarkan, berbagai program yang telah disiapkan. Diantaranya pemberdayaan masyarakat melalui gerakan membangun ekonomi desa, peningkatan kesejahteraan petani, peningkatan pengawasan distribusi pupuk, fasilitasi pengembangan pengelolaan pariwisata melalui jejaring pelaku usaha pariwisata, pengelolaan kekayaan potensi budaya dan peningkatan sarana dan prasarana pasar daerah.

Tak hanya itu, ada juga program di bidang koperasi yakni, peningkatan peran koperasi melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat desa pesisir dan pada perikanan serta meningkatkan produksi hasil sektor sektor perikanan dan kelautan, pertanian, perkebunan dan peternakan.

Pasangan Monas 2

"Kita juga akan hadirkan distributor pupuk, menciptakan Balai Benih Unggul (BBU) yang sesuai dengan kondisi Kabupaten Halmahera Timur, peningkatan ketersediaan infrastruktur pendukung pertanian dan meningkatkan kontribusi pada sektor pariwisata, koperasi, UKM, industri dan perdagangan terhadap perekonomian daerah," jelasnya

Lebih menarik lagi, lanjut Abdu, pasangan Monas berencana membangun kawasan ekonomi terpadu dan terintegrasi yang berbasis potensi lokal, dan peningkatan program pemberdayaan, bantuan sosial dan jaring pengaman sosial sebagai langkah solusi atas keterpurukan ekonomi pasca bencana non alam pandemi Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES