Ekonomi

Google Bantu 11 Juta Dolar AS untuk UMKM dan Pencari Kerja

Rabu, 18 November 2020 - 15:48 | 59.30k
Ilustrasi. UMKM di Indonesia. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi. UMKM di Indonesia. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perusahaan teknologi Google berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia dalam bentuk bantuan untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pencari kerja senilai 11 juta dolar AS.

Komitmen tersebut meliputi pinjaman modal sebesar 10 juta dolar AS yang akan diinvestasikan Google melalui kemitraan dengan platform pinjaman online, Kiva, bagi UMKM di seluruh daerah. Juga hibah senilai 1 juta dolar AS kepada Yayasan Plan International Indonesia untuk mengatasi pengangguran anak muda di Indonesia dari google.org, lengan filantropi Google.

Managing Director, Google Indonesia, pada acara Google For Indonesia, Randy Jusuf menjelaskan, melalui kemitraan dengan Kiva, Google memberikan modal kepada para penyedia layanan keuangan untuk menyediakan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19 di komunitas-komunitas yang kurang terlayani di Indonesia.

Dijelaskan pula, Plan International akan bekerja sama dengan The ASEAN Foundation untuk meluncurkan “Bridges to the Future: ASEAN Youth Employment”—sebuah program percobaan yang memberikan pelatihan keterampilan dan bantuan mencari pekerjaan yang akan membantu meningkatkan kemampuan kerja di antara anak muda yang rentan.

"Program berlangsung selama dua tahun dan bertujuan untuk menjangkau 5.200 anak muda, yang hampir separuhnya adalah perempuan," kata Randy, Rabu (18/11/2020) dikutip dari antaranews.com.

Randy mengatakan bahwa Google ingin membantu Indonesia mewujudkan potensi ekonominya melalui program pelatihan dan kemitraan yang berkelanjutan bersama pemerintah, industri, dan organisasi masyarakat sipil.

Khususnya, kata dia, tenaga kerja yang memiliki keterampilan digital diprediksi akan menyumbangkan lebih dari Rp4,4 triliun (303 miliar dolar AS) untuk PDB Indonesia hingga 2030. "Dan akan berperan penting untuk pemulihan ekonomi dan ketahanan bisnis," tambah Randya

Dia menambahkan, sejak 2015 program Grow with Google telah melatih lebih dari 1,7 juta pemilik UMKM, termasuk 200.000 selama Covid-19. Dan melalui hibah Google.org ini, pihaknya ingin lebih banyak berbuat untuk mendukung anak muda yang rentan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES