Peristiwa Daerah 3M Lawan Covid

Tunggu Tahapan Selesai, Vaksinasi Covid-19 Akan Mulai Januari 2021

Rabu, 18 November 2020 - 15:46 | 36.42k
Ilustrasi - Vaksin Covid (FOTO: IStock)
Ilustrasi - Vaksin Covid (FOTO: IStock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menyebutkan vaksinasi Covid-19 akan dimulai awal Januari 2020. Ketersediaan vaksin Covid-19 Indonesia ini nantinya, akan dipastikan ada dalam daftar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pengadaan vaksin Covid-19 Indonesia pun rencananya diusahakan selesai di bulan November, dengan tetap menunggu izin emergency use of authorization (EUA) dari BPOM. Ketua Konsorsium dan Inovasi Penanganan Covid-19 Kemenristek, Prof dr Ali Ghufron menjelaskan vaksin Merah Putih rencananya bisa diharapkan bisa diproduksi akhir tahun 2021. Ini dilakukan untuk memastikan keamanan vaksin COVID-19 dan efektivitasnya karena dinilai menjadi vaksin jangka panjang.

"Tentu vaksin ini kan tidak mudah prosesnya panjang, oleh karena itu tahapan-tahapan itu harus dilalui dan kita ihat keamanan dan keefektifan perlu diperhatikan," kata Ali dalam webinar terkait Vaksin dan Pembangunan Kesehatan Indonesia, Rabu (18/11/2020).

Prof Ali menjelaskan saat ini masih ada beberapa tahapan yang perlu dilalui terkait pengembangan vaksin Covid-19 Merah Putih. Salah satunya adalah uji klinis pada hewan. Ia menjelaskan tahapan tersebut meliputi uji hewan, praklinik, uji klinik tahap 1 ,2 dan 3, hingga perlu izin dari BPOM untuk kemudian bisa produksi.

"Kami memang berharap untuk vaksin merah putih itu akhir Desember 2021 sudah bisa mulai produksi," lanjutnya.

Senada dengan Prof Ali, Prof Herawati dari Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, menjelaskan lamanya pengembangan vaksin Covid-19 ini bertujuan untuk memastikan vaksin jangka panjang untuk warga Indonesia ini aman digunakan. Ia juga menyampaikan kemungkinan pada awal tahun 2021 vaksin ini bisa diberikan pada masyarakat. 

"Kalau menurut saya vaksin Merah Putih adalah vaksin jangka panjang. Kita juga tidak ingin memberikan vaksin yang tidak manjur dan tidak aman," tambahnya. 

Selain itu, sembari menunggu vaksin Covid-19 selesai masyarakat juga terus diimbau unytuk disiplin menerapkan protokol kesehatan yakni,  memakai masker, menjaga jarak minimal 1 meter, dan mencuci tangan dengan sabun, tetap merupakan cara pencegahan yang terbaik hingga saat ini. Kita perlu untuk terus disiplin mempraktekkan langkah 3M ini secara sepaket agar terhindar dari penyakit. (*)

***

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES