Pemerintahan

Menteri Kesehatan RI Ungkap Harga Jual Satuan Vaksin Covid-19 Sinovac

Rabu, 18 November 2020 - 15:42 | 41.37k
Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto (FOTO: Antarafoto/Wahyu Putro)
Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto (FOTO: Antarafoto/Wahyu Putro)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto kembali menyampaikan harga per dosis vaksin Covid-19 Sinovac yang sudah dipesan oleh Pemerintah RI. Menkes RI mengatakan harga per dosis vaksin Covid-19 Sinovac berada di kisaran RP 200 ribu.

"Harga per satuan, hasil dari BPKP, LKPP dan KPK, bahkan Kejaksaan Rp 211.282 per dosis. Ini untuk program murni, bukan vaksinasi pribadi, ini untuk 3 juta vaksin pertama," kata Menkes RI Terawan dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI Jakarta, Selasa (17/11/2020) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Menkes Terawan juga mengatakan pihaknya sudah membayar uang muka untuk pengadaan vaksin Sinovac sebesar Rp 507 miliar dari total harga keseluruhan Rp 633,84 miliar. Pelunasan akan dilakukan jika vaksin telah tiba di Indonesia. Pembelian vaksin ini sudah tertuang dalam Perpres Nomor 99 turunan dari PMK 28/2020. 

Ia menyebutkan pada tahun depan, pembelian vaksin dilakukan melalui Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN),

"Akan komunikasi terus, kalau barang itu ada, kami juga malu barang belum ada tapi kami sudah bayar uang muka. Sudah diterima Bio Farma sesuai Perpres 99. Kami ikuti kaidah-kaidah apa yang jadi aturannya," tambahnya. 

Seperti yang diketahui, vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinovac menjadi langkah untuk mengakiri pandemi. Pemerintah RI pun nantinya akan menyiapkan sekitar 143 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac dipersiapkan untuk kebutuhan vaksinasi. Pemerintah dalam hal ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bahkan terbang langsung ke negeri China untuk melihat fasilitas produksi Sinovac untuk memastikan tak ada kendala dari segi mutu dan keamanan vaksin.

Namun, rencana awal program vaksinasi yang diharapkan pemerintah bisa berjalan Desember ditunda, karena BPOM belum bisa memberikan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 Sinovac pada Desember 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES