Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Mengingat Kembali Bahan Ajar

Rabu, 18 November 2020 - 15:05 | 50.86k
Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (UNISMA).
Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (UNISMA).
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Bahan ajar adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sumber daya yang digunakan guru untuk menyampaikan instruksi. Bahan ajar dapat mendukung pembelajaran siswa dan meningkatkan keberhasilan siswa. Idealnya, bahan ajar akan disesuaikan dengan konten di mana bahan tersebut digunakan, dengan siswa di kelas mana bahan tersebut digunakan, dan guru. Bahan ajar datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi semuanya memiliki kesamaan kemampuan untuk mendukung pembelajaran siswa.

Bahan ajar dapat mengacu pada sejumlah sumber guru, namun, istilah tersebut biasanya mengacu pada contoh konkret, seperti lembar kerja atau manipulatif (alat pembelajaran atau permainan yang dapat digunakan siswa untuk membantu mereka memperoleh dan mempraktikkan fasilitas dengan pengetahuan baru - misalnya menghitung balok). Bahan ajar berbeda dari "sumber" pengajaran, yang terakhir mencakup elemen yang lebih teoretis dan tidak berwujud, seperti esai atau dukungan dari pendidik lain, atau tempat untuk menemukan bahan ajar.

Penunjang Pembelajaran Siswa

Materi pembelajaran penting karena dapat secara signifikan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mendukung pembelajaran siswa. Misalnya, lembar kerja dapat memberi siswa kesempatan penting untuk mempraktikkan keterampilan baru yang diperoleh di kelas. Proses ini membantu dalam proses pembelajaran dengan memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi pengetahuan secara mandiri serta memberikan pengulangan. Materi pembelajaran apapun jenisnya, semuanya memiliki fungsi dalam pembelajaran siswa.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Materi pembelajaran juga dapat menambahkan struktur penting pada perencanaan pembelajaran dan penyampaian instruksi. Khususnya di kelas bawah, materi pembelajaran berperan sebagai pedoman bagi guru dan siswa. Mereka dapat memberikan rutinitas yang berharga. Misalnya, jika Anda seorang guru seni bahasa dan Anda mengajarkan kosakata baru setiap hari Selasa, mengetahui bahwa Anda memiliki permainan kosakata untuk membekali siswa dengan latihan mengenai kata-kata baru akan menghilangkan tekanan dan memberikan latihan penting (dan kesenangan). ) untuk siswa Anda.

Diferensiasi Pengajaran

Selain mendukung pembelajaran secara lebih umum, materi pembelajaran dapat membantu guru dalam tugas profesional yang penting: diferensiasi pembelajaran. Diferensiasi instruksi adalah menyesuaikan pelajaran dan instruksi dengan gaya dan kapasitas belajar yang berbeda di dalam kelas Anda. Materi pembelajaran seperti lembar kerja, instruksi kegiatan kelompok, permainan, atau tugas pekerjaan rumah semuanya memungkinkan Anda untuk memodifikasi tugas untuk mengaktifkan gaya belajar setiap siswa dengan cara terbaik.

Memperoleh Bahan Pengajaran

Mendapatkan bahan ajar yang berharga tidak sesulit kelihatannya pada awalnya. Internet memiliki banyak sumber daya untuk guru, kebanyakan gratis, yang dapat secara signifikan meningkatkan konten kotak peralatan pengajaran Anda. Anda juga bisa membuat bahan sendiri. Setiap materi pembelajaran yang dikembangkan akan menjadi aset bagi Anda saat Anda mengajar unit serupa berikutnya. Investasi waktu atau uang untuk bahan ajar yang baik adalah investasi dalam pengajaran yang baik.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (UNISMA).

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES