Politik Pilkada Serentak 2020

Komisi II DPR RI Bahas Persiapan Pilkada Serentak 2020

Rabu, 18 November 2020 - 13:53 | 41.59k
Grafis Pilkada Serntak 2020. (FOTO: TIMES Indonesia)
Grafis Pilkada Serntak 2020. (FOTO: TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komisi II DPR RI menggelar rapat kerja bersama KPU RI dan Bawaslu RI untuk membahas proses tahapan akhir jelang Pilkada Serentak 2020.

"Jadi kita ingin mengevaluasi perjalanan tahapan yang sudah berlangsung dan kemudian kira-kira dalam 21 hari kedepan apa yang harus kita persiapkan," ujar Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Rapat digelar di ruang rapat Komisi II DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Rapat yang dipimpin Ketua Komisi II DPR RI ini dihadiri Mendagri EhI Karnavian secara virtual, serta Ketua Bawaslu Abhan, serta KPU yang diwakili oleh Komisioner.


Dalam rapat ini, Komisi II juga mengundang Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk membahas netralitas dan keamanan selama proses tahapan Pilkada. Namun, keduanya tidak bisa hadir.

"Dan juga kita sebenarnya akan bahan bagaimana proses pendukungan lain terkait netralistas ASN TNI-Polri itu sebetulnya makanya pada hari ini kita undang kapolri dan TNI," tutur Ahmad Doli.

Kehadiran TNI-Polri dalam rapat Komisi II juga untuk mendengarkan sikap dan posisi masing-masing lembaga ini dalam pengamaman Pilkada Serentak 2020.

"Kita juga ingin memastikan keamanan dari pelaksanan pilkada, tapi kami dapat konfirmasi terakhir bahwa kalolri dan panglima tidak bisa hadir karena ada tugas lain," ungkap Doli.

Selain itu, hadir juga Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo secara virtual. Doli mengatakan pihaknya akan meminta penjelasan terkait perkembangan Covid-19 di wilayah penyelenggara pilkada.

"Perkembangan soal pandemi yang mungkin punya monitoring khusus terhadap pelaksaan pilkada di wilayah wilayah yang melaksanakan kampanye," ucap Doli, dalam raker Komisi II DPR RI dengan KPU RI dan Bawaslu RI terkait Pilkada Serentak 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES