Peristiwa Internasional

Begini Wajah Asli Penanganan Covid-19 di Rusia

Rabu, 18 November 2020 - 12:27 | 50.16k
Petugas memakamkan jenazah pasien Covid-19. (Foto: CNN)
Petugas memakamkan jenazah pasien Covid-19. (Foto: CNN)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah video yang diunggah CNN menunjukkan wajah asli penanganan Covid-19 di Rusia. Rekaman tersebut disinyalir diambil pada pertengahan Oktober oleh seorang anggota staf rumah sakit di Ulyanovsk, sebuah kota sekitar 500 mil sebelah timur Moskow.

Dalam rekaman tersebut terlihat gambaran bagaimana kondisi sebenarnya penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut. Beberapa rekaman menunjukkan kamar jenazah dengan mayat ditelanjangi, ditumpuk di atas satu sama lain dan diletakkan di lantai yang kotor.

"Beginilah malam kami terlihat: mengerikan," kata seorang pria yang menceritakan rekaman itu, yang diberikan kepada CNN oleh serikat dokter terkemuka Rusia. "Dua lagi di bangsal kami," ucap suara dalam rekaman video tersebut menunjukkan dua mayat yang tergeletak di ranjang dan belum dirapikan.

Hal ini tentunya sangat bertentangan dengan gambaran mulus yang biasa disuguhkan pemerintah setempat kepada dunia. Sebelumnya Rusia pernah mengunggah sebuah video bagaimana rumah sakit setempat telah dilengkapi teknologi tingkat tinggi untuk menangani pasien Covid-19.

Bahkan mereka membangun sebuah rumah sakit khusus untuk menangani pasien-pasien tersebut. Rumah sakit dilengkapi bangsal-bangsal dengan desain futuristic. Beberapa teknologi canggih juga terlihat melengkapi fasillitas rumah sakit tersebut.

Namun, sepertinya teknologi canggih tersebut tak cukup untuk menghalau dan menangani jumlah pasien yang kian membengkak dari hari ke hari.

Pada 16 November Rusia mengatakan lebih dari 33.000 orang telah meninggal karena Covid-19. Tetapi angka itu dibantah oleh para kritikus yang mengatakan Kremlin kurang melaporkan jumlahnya. Mereka berpendapat bahwa angka kematian sebenarnya telah mencapai lebih dari 130.000 jiwa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES