Gaya Hidup

Ide Menu Sarapan Non Nasi yang Enak dan Mudah

Rabu, 18 November 2020 - 06:12 | 130.80k
Ilustrasi - Sarapan (FOTO: Freepik/pressfoto)
Ilustrasi - Sarapan (FOTO: Freepik/pressfoto)

TIMESINDONESIA, JAKARTASarapan atau makan pagi adalah rutinitas yang tak boleh dilewatkan. Sarapan mengisi energi tubuh agar dapat beraktifitas dengan maksimal.

Eits tapi jangan asal sarapan, Anda harus memperhitungkan asupan gizi pada menu sarapan. Menurut ahli gizi , Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, menu sarapan sehat adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak tak jenuh, protein, serat, vitamin dan mineral. 

Nah berikut ini ide menu sarapan yang sehat sekaligus praktis.

1. Kentang daging kukus

Kentang-Daging-kukus.jpgFoto: cookpad

Menu ini sangat mudah disiapkan dan tentunya enak. Anda cukup mempersiapkan bahan, seperti  kentang (kukus dan haluskan), daging giling, bawang bombay, bawang putih, mentega, garam, merica, gula pasir, dan saus tomat.

Cara membuatnyapun mudah, campur adonan kentang dengan mentega, garam, dan merica lalu aduk hingga rata. Tumis bawang bombay, bawang putih dan daging giling, tambahkan saus tomat, garam, merica dan gula pasir, masak hingga matang. 

Siapkan pinggan tahan panas dan olesi dengan mentega. Masukkan sebagian adonan kentang, isi dengan tumisan daging lalu tutup dengan sisa adonan kentang. Kukus hingga matang lalu sajikan hangat.

2. Ubi panggang keju

Ubi-Panggang-Keju.jpgFoto: cookpad

Ubi masuk dalam deretan super food, karena ubi mengandung aneka vitamin dan mineral. Umbi yang bernama latin Ipomea itu juga berserat tinggi. Kandungan karbohidrat yang mencapai 26 gram pada setiap 130 gram ubi membuat kita kenyang lebih lama.

Apa jadinya jika ubi dikombinasikan dengan keju? Hmm.. pasti nikmat

Bahan yang dibutuhkan ubi (bisa merah, kuning, maupun ungu), garam, brokoli (rebus), daging asap, keju parut. Sedangkan untuk saus siapkan margarin, tepung terugi, susu cair dan keju parut.

Cara membuat tusuk-tusuk ubi dengan garpu agar cepat matang sampai bagian dalam lalu panggang setengah matang. 

Sambil menunggu buat saus keju dengan panaskan margarin, tuang air dingin, masukkan terigu aduk hingga mendidih lalu taung susu cair dan keju parut, aduk hingga mendidih dan mengental. 

Kembali ke ubi yang dipaanggang tadi. Belah ubi dan olesi margarin lalu isi dengan daging asap dan keju parut. Panggang kembali hingga keju meleleh. Sajikan hangat!

3. Bubur jagung suwir ayam

Bubur-Jagung-Suwir-ayam.jpgFoto: centroone

Jagung juga ide yang bagus untuk menu sarapan. Kandungan karbohidrat, protein dan lemak sangat baik dikonsumsi untuk mengawali hari. 

Siapkan bahan 2 buah Jagung rebus (sisir untuk mendapatkan jagung pipilan dan blender kasar), ayam suwir, wortel, kacang polong, daun bawang, dan susu segar, bawang putih, lada, dan garam.

Cara membuat tumis bawang putih lalu masukkan suwiran daging ayam. Tambahkan daun bawang, wortel dan kacang polong. Kemudian tuang susu, jagung yang telah diblender, tambahkan garam dan lada. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Paling enak jika dikonsumsi saat masih hangat. 

Jadi, mau coba ide menu sarapan non nasi yang mana dulu nih? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES