Ekonomi

Kagum Kreativitas Pemuda, Direktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI Kunjungi Kota Pariaman

Selasa, 17 November 2020 - 23:42 | 55.41k
Suasana Workshop pelaku ekonomi kreatif dalam menunjang pengembangan pariwisata Kota Pariaman. (Foto: Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)
Suasana Workshop pelaku ekonomi kreatif dalam menunjang pengembangan pariwisata Kota Pariaman. (Foto: Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PARIAMAN – Direktur Ekonomi Kreatif, Film, Televisi dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI), Syaifullah, berkunjung ke Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Dia sengaja datang karena kagum dengan kreativitas pemuda daerah berjuluk The Sunset City of Indonesia dengan turut serta mendorong kemajuan sektor pariwisata daerah.

“Pariaman memiliki potensi dan banyak anak mudanya yang kreatif. Namun banyak dari mereka tidak update dengan program yang kami punya,” katanya, Selasa (17/11/2020).

Dalam kunjungan ini, Syaifullah juga bertatap muka dengan para pemuda dalam workshop pelaku ekonomi kreatif dalam menunjang pengembangan pariwisata Kota Pariaman. Disitu dia menyampaikan bahwa Kemenparekraf banyak memiliki program yang bisa diikuti.

Salah satunya terkait dengan pengembangan bisnis dan cerita yang pengajarnya dari kalangan profesional. Selain itu, Kemenparekraf RI juga pernah menggelar festival film pendek yang hadiahnya jutaan rupiah.

“Namun belum dimanfaatkan oleh pemuda di Pariaman. Karena banyak yang tidak tahu, jadi kedatangan saya diharapkan bisa membantu mengembangkan potensi anak muda di Pariaman,” ungkap Syaifullah.

Kepada seluruh pemuda Kota Pariaman, Syaifullah mengajak untuk terus bersemangat. Dia menegaskan bahwa pada era modern, kreatifitas kaum milenial tidak dibatasi oleh lokasi dan peralatan.

“Selama kita memiliki jaringan internet maka lokasi tidak menjadi masalah,” ujarnya.

Menjadi pemuda daerah, menurut Syaifullah, justru sebuah keuntungan. Karena bisa dengan mudah mendapatkan bahan baku, sehingga biaya produksi menjadi murah. Namun produk yang dibuat harus dikemas dengan baik serta dapat dijual melalui internet.

“Saat ini transaksi jual beli dilakukan secara non tunai yang biaya pengirimannya dilimpahkan kepada pembeli sehingga dapat menguntungkan pelaku usaha. Untuk distribusi juga mudah dengan adanya pembangunan infrastruktur serta tol laut,” gamblangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono berharap motivasi yang diberikan Direktur Ekonomi Kreatif, Film, Televisi dan Animasi Kemenparekraf bisa menjadi pembakar semangat para pemuda. Khususnya para pelaku usaha kreatif bidang videografi, fotografi, kesenian, maupun pelaku usaha.

“Dengan peran serta para pemuda kami optimis potensi sektor pariwisata Kota Pariaman, akan menjadi barometer baru di Indonesia,” katanya.

Pria putra daerah Banyuwangi ini berharap kedatangan Direktur Ekonomi Kreatif, Film, Televisi dan Animasi Kemenparekraf bisa menjadi jembatan bagi para pelaku usaha ekonomi kreatif Kota Pariaman  untuk menggaet program guna peningkatan perekonomian.

Dalam kunjungan ke Kota Pariaman, Sumatera Barat, Direktur Ekonomi kreatif , film dan animasi Kemenparekraf RI, Syaifullah, juga mengajak, Asisten Deputi (Asdep) SDM Pariwisata & Ekraf Kemenko Maritim & Investasi RI, Andri Wahyono. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES