Kuliner

Kenalkan Nasi Carub, PKK Kabupaten Madiun Gelar Festival Makanan Khas

Rabu, 18 November 2020 - 01:28 | 72.83k
Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Madiun mencicipi olahan makanan kreasi peserta festival. (Foto: Humas Pemkab Madiun for TIMES Indonesia)
Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Madiun mencicipi olahan makanan kreasi peserta festival. (Foto: Humas Pemkab Madiun for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Setiap daerah memiliki makanan khas tidak terkecuali Kabupaten Madiun. Untuk mengenalkan nasi carub sebagai makanan khas, TP PKK Kabupaten Madiun menggelar Festival Makanan Khas dan Olahan Hasil Peternakan bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan.

Festival tersebut juga diwarnai lomba inovasi nasi carub. Peserta dari perwakilan TP PKK kecamatan menampilkan berbagai inovasi nasi carub dengan memanfaatkan potensi lokal dan berpola B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman).

“Trenggalek punya ayam lodho, kita juga ingin Kabupaten Madiun tidak saja terkenal sebagai Kampung Pesilat, tapi makanan khasnya juga harus terkenal,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Penta Lianawati Ahmad Dawami saat membuka festival di Pendapa Ronggo Djoemeno, Selasa (17/11/2020).

Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten b

Menurut Penta, semua daerah berlomba-lomba mengembangkan dan mempromosikan pariwisata. Kabupaten Madiun harus melakukan hal yang sama.

Jika pariwisata maju maka sektor lainnya akan terdongkrak termasuk wisata kuliner.

"Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi cikal bakal munculnya makanan khas Kabupaten Madiun," kata Penta.

Penta juga berharap anggota PKK tidak patah semangat menghadapi masa pendemi Covid-19. Justru ibu-ibu harus berkreasi membuat  olahan makanan yang bisa dikonsumsi keluarga atau menambah penghasilan keluarga.

“Lewat tangan ibu-ibu yang hebat ini, saya yakin bisa mengangkat nama Kabupaten Madiun lewat kulinernya," kata Penta.

Usai pembukaan, Penta bersama Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Erni Hari Wuryanto berkeliling dan melihat dari dekat nasi carub kreasi peserta. Mereka juga mencicipi makanan olahan yang ditampilkan saat festival makanan khas Kabupaten Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES