Peristiwa Daerah

IBI Kota Cirebon Launching Layanan Halo Bid

Selasa, 17 November 2020 - 22:48 | 110.19k
Suasana saat penyematan pin dan peresmian HaloBid oleh Wakil Walikota Cirebon (Foto: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)
Suasana saat penyematan pin dan peresmian HaloBid oleh Wakil Walikota Cirebon (Foto: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Ikatan Bidan Indonesia atau IBI Kota Cirebon meluncurkan pelayanan online yang diberi nama Halo Bid guna membantu masyarakat selama pandemi.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia Cabang Cirebon Kota Hj Yeni Fitrianingsih SST MKes menyatakan selama pandemi ini, banyak ibu hamil yang takut untuk mengkonsultasikan kehamilannya di klinik atau fasilitas kesehatan.

"Halobid itu program inisiatif dari pengurus daerah IBI jabar, pada dasarnya permasalahan krusialnya sehingga mengnisiatifkan ada layanan online, karena selama pandemi banyak ibu hamil yang takut datang langsung ke falkes," kata Yeni, Selasa (17/11/2020).

Adanya pelayanan online HaloBid ini lanjut Yeni, adalah upaya untuk bisa mempermudah ibu hamil saat memeriksakan keluhannya, sehingga pelayanan konseling bisa ditangani secara online.

"Yang bisa diakses itu hanya 6 bidan, dan 6 bidan ini bisa diakses dilengkapi nomor WA sehingga bisa berkomunikasi langsung dengan pasien ibu hamil," katanya.

Pelayanan HaloBid ini lanjut Yeni, hanya diperuntukkan bagi ibu hamil untuk berkonsultasi, tidak dengan penanganan langsung atau pemeriksaan.

"Untuk penanganan langsung saya tetap menganjurkan untuk para ibu hamil mendapatkan penanganan langsung di puskesmas terdekat," jelasnya.

Adanya relaunching ini dikarenakan sejak diresmikan bulan Agustus kemarin, belum banyak masyarakat yang mengakses aplikasi Halobid untuk sekedar berkonsultasi.

"Ya harapannya setelah launching, target nya semua layanan masyarakat di Kota Cirebon terlayani, jangan sampai ada yang bertanya kepada orang yang tidak berkompeten dengan tujuannya untuk menekan angka kematian ibu dan anak," kata Yeni.

Sementara Kadinkes Kota Cirebon dr Eddy Sugiarto sangat mengapresiasi diluncurkan pelayanan online HaloBid. Ia menganggap pelayanan HaloBid ini dapat mempermudah ibu-ibu hamil untuk berkonsultasi.

"Intinya informasi apapun dapat dinformasikan melalui online, dan semoga sukses karena ini launching yang pertama," tandas Eddy tentang IBI Kota Cirebon yang melaunching pelayanan online Halo Bid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES