Peristiwa Daerah

Awasi Pilbup Malang, Bawaslu Kabupaten Malang Siapkan 4999 Pengawas TPS

Selasa, 17 November 2020 - 21:27 | 41.76k
Proses pelantikan Pengawas TPS oleh Bawaslu Kabupaten Malang. (Foto: Bawaslu Kabupaten Malang)
Proses pelantikan Pengawas TPS oleh Bawaslu Kabupaten Malang. (Foto: Bawaslu Kabupaten Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 4999 Petugas Pengawas TPS disiapkan Bawaslu Kabupaten Malang, untuk mengawasi tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilbup Malang 9 Desember 2020 mendatang.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang, Abdul Alam Amrullah mengatakan, seluruh Petugas Pengawas TPS yang dipersiapkan tersebut, sudah dilakukan pelantikan.

"Sudah dilakukan pelantikan dan Bimtek. Akan ada sesi Bimtek lanjutan," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Selasa (17/11/2020) malam.

Lebih lanjut dia mengatakan, keberadaan Pengawas TPS ini sangat dibutuhkan. Terutama untuk mengawal kesuksesan Pilbup Malang di tingkatan TPS.

"Perhatiannya tentu dalam semua tahapan yang berjalan. Baik pengawasan kampanye dan terutama ada proses pengawasan pembagian undangan mencoblos, pemilihan TPS, pemungutan dan penghitungan suara," bebernya gamblang.

Sedangkan apabila Pengawas TPS menemukan pelanggaran, maka bisa melakukan sesuai aturan maupun mekanisme yang berlaku. 

"Kalau mendapati pelanggaran, maka Pengawas TPS dapat melaporkan melalui PKD dan dilanjutkan ke Panwascam. Tentu sesuai dengan jenis pelanggaran pada tahapannya," ungkapnya.

"Contoh terkait undngan yang tidak tersampaikan atau sisa di KPPS, harus dikembalikan ke PPS untuk menghindari penyalahgunaan," sambungnya.

Dia menegaskan, Bawaslu Kabupaten Malang sudah memberikan instruksi kepada seluruh Pengawas TPS agar bertindak netral dalam menjalankan tugas di Pilbup Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES