Pemerintahan

Sultan HB X Sebut InnoXJogja Awal Kemajuan Inovasi dan Teknologi

Selasa, 17 November 2020 - 20:49 | 46.17k
Gubernur DIY Sultan HB X saat membuka InnoXJogja. (Foto: Hendro/TIMES Indonesia)
Gubernur DIY Sultan HB X saat membuka InnoXJogja. (Foto: Hendro/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY berkeinginan agar start-up asli Jogja bisa berkembang di Jogja. Karena itu, Block71 Yogyakarta bersama Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menggelar InnoXJogja 2020 pada 17-20 November 2020.

InnoXJogja adalah festival dan showcase inovasi dan teknologi virtual berskala terbesar pertama di Yogyakarta. Agenda pembukaan digelar pada Selasa (17/11/2020) secara daring yang menampilkan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pada sambutannya, Sri Sultan mengatakan bahwa terselenggaranya InnoXJogja ini merupakan titik awal kemajuan inovasi dan teknologi dalam berbagai bidang, antara lain bidang pertanian, kesehatan, sosial, dan kebudayaan.

“Di masa depan, secara pelan tapi pasti, dalam kita bekerja sudah tidak memerlukan kantor lagi, tetapi bisa dikerjakan di rumah atau dimana pun kita berada,” ujar Sri Sultan.

Menurut Sultan, dengan adanya teknologi, di masa depan dimungkinkan perkotaan akan secar berangsur ditinggalkan sebagian penghuninya untuk pindah ke desa. Akan ada masanya saat terjadinya tren perpindahan dari urbanisasi ke ruralisasi.

“Dampak positifnya, desa akan berkembang, karena terbangunnya ekosistem teknologi dan inovasi di sana. Dalam hal ini, saya berharap Yogyakarta bisa mengambil peran sebagai aktor utama dalam pioneering pemajuan teknologi dan penemuan inovasi tersebut,” ujarnya.

Kemajuan teknologi dan inovasi merupakan tantangan masa depan yang perlu diberikan ruang dan iklim yang kondusif bagi pengembangannya.

Dalam pandangan Sri Sultan, hal tersebut harus direncanakan dan diantisipasi dengan baik, agar menjadi solusi yang dapat digunakan sebagai wahana peningkatan kesejahteraan, keunggulan serta kemandirian daerah dan bangsa dalam persaingan teknologi dan ekonomi global.

Sultan turut menyatakan apresiasi atas terselenggaranya event yang juga bekerja sama dengan NUS Enterprise dan Salim Grup tersebut.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi Festival Inovasi dan Teknologi ini. Dengan harapan dapat menjadi ajang munculnya ide-ide segar yang built-in dalam teknologi dan inovasi guna mendorong lahirnya start-up business,” tambah Ngarsa Dalem.

Sultan berharap aplikasi-aplikasi yang ditemukan selanjutnya bisa memberikan manfaat bagi orang banyak. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan akhir keistimewaan DIY akan lebih cepat tercapai.

"Demikian juga, kemajuan teknologi yang ada harus paralel dan punya kapasitas menindaklanjuti inovasi, untuk kemudian tercipta teknologi baru yang berkelanjutan," imbuh Sultan.

Selain Sri Sultan, pada agenda pembukaan tersebut, Professor Freddy Boey, Deputy President (Innovation & Enterprise), National University of Singapore dan Mohamed Salim, Executive Director of Salim Group juga menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya InnoXJogja.

Agenda InnoXJogja yang mengangkat tema "Bridging Indonesia's Tech Community to Asia" ini sendiri digelar secara daring yang terdiri dari beragam sesi seperti Diskusi Panel, Bincang Santai, dan Eksibisi. Sebanyak 2000 peserta yang berasal dari sektor pemerintahan, investor, institusi pendidikan, dan perusahaan turut berpartisipasi.

Adapun selama empat hari pelaksanaan, InnoXJogja akan menghadirkan tak kurang dari 30 pembicara seperti Gusti Kanjeng Ratu Hayu, Penghageng Tepas Tandha Yekti, Keraton Yogyakarta, Muhammad Iman Usman, Co-Founder & Chief Product Officer, Ruangguru, Rony Primanto Hari, Head of Communication and Informatics, DIY, Cheah Sui Ling, Operating Partner, Wavemaker Partners, Chandra Firmantol, Managing Partner, Indogen Capital, Eko Seno Prianto, General Manager of Business Incubation, Telkomsel, Budiman Wikasa, Head of Startup Ecosystem, Amazon Web Services (AWS) juga Arip Tirta, Commissioner, BRI Ventures. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES