Peristiwa Daerah

Akses Tol Cipali ke Bandara Kertajati Terus Dikebut

Selasa, 17 November 2020 - 19:35 | 46.37k
Progres pengeboran besi bropile (Dokumentasi Astra Tol Cipali)
Progres pengeboran besi bropile (Dokumentasi Astra Tol Cipali)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Proyek pembangunan akses dari Tol Cipali menuju Bandara Kertajati Majalengka terus dikebut.

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan akses BIJB Kertajati ini nantinya akan terkoneksi dengan Jalan Tol Cisumdaw (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang menghubungkan Kota Bandung dan wilayah sekitarnya.

"Jalan Tol Akses menuju BIJB Kertajati yang terkoneksi dengan Jalan Tol Palimanan dimulai dari KM 158+700 dengan panjang jalan sekitar ± 3.7 KM," ujar Agung Prasetyo, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, pada Selasa (17/11/2020).

Progres pengeboran besi bropile b

Saat ini progress pembangunan sudah berjalan 42 hari dari total waktu pelaksanaan 305 hari. Menurutnya, pekerjaan ini sudah land clearing dan penimbunan tanah serta pondasi untuk jembatan.

"Pekerjaan pembangunan akses BIJB Kertajati diprediksi akan selesai pada akhir 2021 mendatang," kata dia.

Saat ini progres pembangunan akses BIJB Kertajati sudah memasuki 4.9 persen. Terdiri dari land clearing dan penimbunan tanah serta pondasi untuk jembatan.

Proses pembangunan menelan biaya Rp 692 miliar dengan kontrak kerja selama 12 bulan, diprediksi akan mulai beroperasi pada bulan November 2021.

"Tetapi diharapkan pada bulan Juli 2021 Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dapat digunakan untuk uji coba fungsi dan laik operasi oleh Kementrian PUPR untuk keberangkatan Jemaah Haji Provinsi Jawa Barat yang berpusat di BIJB Kertajati," tambahnya.

Dia mengatakan, pembangunan jalan tol Akses BIJB Kertajati ini merupakan proyek yang diinisiasi oleh Pemprov Jabar dengan Kementrian PUPR sejak Mei 2017,

Proyek pembangunan akses BIJB Kertajati dilakukan oleh Project Management Consultant Astra Infra Solutions beserta kontraktor pelaksana PT Acset Indonusa Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Dengan konsultan supervisi PT Mitrapacific Consulindo International dan konsultan pengendalian mutu independen PT Eskapindo Matra.

"Tentunya berbagai upaya yang dilakukan ASTRA Tol Cipali tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya turut serta masyarakat sebagai penggerak keselamatan berkendara di tol demi menciptakan jalan tol yang lancar, aman dan nyaman," pungkasnya terkait progres pembangunan akses ke Bandara Kertajati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES