Peristiwa Daerah

Belasan Pegawai Farmasi Positif Covid-19, Pemkot Cirebon Tutup Apotek dan Toko Alkes

Selasa, 17 November 2020 - 18:16 | 161.22k
Suasana penutupan Apotik Pasuketan Kota Cirebon. (FOTO: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)
Suasana penutupan Apotik Pasuketan Kota Cirebon. (FOTO: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBONPemkot Cirebon melalui Dinas Kesehatan atau Dinkes Kota Cirebon, menutup sementara kegiatan opersional sembilan apotek dan toko alat kesehatan (alkes) di Kota Cirebon.

Kepala Dinkes Kota Cirebon Eddy Sugiarto mengatakan penutupan tersebut dampak dari 19 pegawai terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari jumlah tersebut kata Eddy, masih bisa bertambah. Sebab, sebanyak 25 pegawai lain masih menunggu hasil test swab yang sudah dilakukan oleh Dinkes Kota Cirebon.

Suasana penutupan Apotik Pasuketan Kota Cirebon b

"Masih ada 25 pegawai yang sudah melakukan tes swab dan sedang menunggu hasil. tapi penutupan sudah kami lakukan, semua apotek dan toko alkes yang satu group dengan apotek Pasuketan," kata Eddy, Selasa (17/11/2020).

Edi juga menjelaskan kronologis penutupan tersebut bermula pada lima orang yang positif. Ke lima orang ini ialah keluarga dari pemilik apotek pasuketan.

Setelah dilakukan pelacakan terhadap karyawannya didapati sebanyak 19 orang positif Covid-19 dengan kategori OTG.

"Jika jumlah total semua karyawan di group apotek Pasuketan ini, ditambah dengan 5 orang pemilik jumlah keseluruhannya sampai 60 orang. dari 60 orang ini 5 orang selesai isolasi, terbaru 19 orang terpapar Covid-19," jelasnya.

Masih dikatakan Eddy, jika hasil 25 pegawai ini, menunjukkan negatif seluruh apotek dan toko alkes Pasuketan Group dapat dibuka kembali.

"Yang dikhawatirkan ke 25 orang ini hasilnya positif nanti ada klaster baru, klaster farmasi, tapi apabila hasilnya negatif pemilik sembilan apotek dan alkes bisa beroperasi kembali," kata Eddy.

Adapun sembilan apotek dan toko alkes di Kota Cirebon yang ditutup Pemkot Cirebon ini adalah apotek Pasuketan, apotek Pasuketan Setiabudi, apotek Pasuketan Gunungsari, apotek Pasuketan Perum, Toko Alat Kesehatan CV Carmelia Jl Lawanggada, Toko Alat Kesehatan Carmelia Jl Ciremai Raya, PAK Carmella Gustavindo, PBF Carmella Gustavindo dan klinik Carmella. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES