Pendidikan

Mahasiswa UMM Juara 3 Lomba Pasar Modal Nasional yang Digelar UI

Selasa, 17 November 2020 - 16:28 | 112.83k
Mahasiswa UMM yang meriah juara 3 di ajang Kompetisi Pasar Modal Nasional. (FOTO: Humas UMM)
Mahasiswa UMM yang meriah juara 3 di ajang Kompetisi Pasar Modal Nasional. (FOTO: Humas UMM)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjuarai Kompetisi Pasar Modal Nasional yang diselenggarakan Capital Market Student Club Universitas Indonesia (UI).

Dua mahasiswa berprestasi itu adalah Nur Azizah dan Harpiyansa, dari Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Keduanya ditetapkan sebagai juara III di kompetisi bergengsi tersebut pada awal November 2020 ini.

Penelitiannya yang berjudul Analisis Saham Perusahaan dari Berbagai Sektor dan Industri di Masa Pandemi Covid-19 dan New Normal mengantarkan mereka menjadi juara membawa nama almamater UMM.

Mahasiswa-UMM-2.jpg

Menurut Nur Azizah, secara khusus, paper ini membahas dan menganalisisis perusahaan dari berbagi jenis sektor yang berbeda agar mendapat sebuah data, dari sektor manakah yang cukup baik untuk diinvestasikan di saat pandemi dan New Normal.

Berdasarkan hasil analisis terhadap 11 emiten/perusahaan, terdapat 7 perusahaan yang optimal yaitu PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), PT. Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA), PT. Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT. Supra Boga Lestari Tbk (RANC), PT. Medikaloka Hermina Tbk (HEAL), PT. XL Axiata Tbk (EXCL), dan PT. Vale Indonesia Tbk (INCO).

Dari hasil analisis, optimalnya perusahaan tersebut didukung selain dari laporan keuangan setiap perusahaan juga pada valuasi saham serta analisa teknikal setiap perusahaan tersebut.

"Yang mana pada laporan keuangan perusahaan memiliki laporan yang cukup baik pada beberapa tahun terakhir. Serta dilihat dari valuasi saham, setiap perusahaan rata-rata memiliki kondisi yang cukup baik, meskipun bisa dikatakan cukup overprice," ungkap Nur Azizah.

Sementara, berdasarkan analisa teknikal setiap perusahaan dapat disimpulkan juga bahwa PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), PT. Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA), PT. Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT. Supra Boga Lestari Tbk (RANC), PT. Medikaloka Hermina Tbk (HEAL), dan PT. Vale Indonesia Tbk (INCO) mendapat rangkuman Sangat Beli.

Namun, dilanjutkan Nur, PT XL Axiata Tbk (EXCL) mendapat analisis Sangat Jual pada bulan Oktober-November 2020.

Berkat penelitian itu lah, dua mahasiswa UMM berhasil membawa pulang piagam penghargaan sebagai Juara 3 di ajang Kompetisi Pasar Modal Nasional, digelar oleh Universitas Indonesia (UI). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES