Ekonomi

Pasar Prawirotaman Baru Yogyakarta Bakal Launching Awal Desember

Selasa, 17 November 2020 - 15:43 | 173.15k
Suasana Pasar Prawirotaman Kota Yogyakarta yang baru akan Launching awal Desember. (FOTO: A Riyadi/TIMES Yogyakarta)
Suasana Pasar Prawirotaman Kota Yogyakarta yang baru akan Launching awal Desember. (FOTO: A Riyadi/TIMES Yogyakarta)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Pembangunan Pasar Prawirotaman di Kota Yogyakarta telah rampung meski masih dilakukan penyempurnaan akhir. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono, mengatakan Pasar Prawirotaman akan beroperasi jika sudah diserahterimakan.

"Untuk finishing hampir selesai, kalau bangunan sudah , nanti pasar ini akan dilaunching tanggal 4 Desember oleh Pemerintah Kota Yogyakarta," jelas Yunianto, Selasa (17/11/2020).

Pasar Prawirotaman 2

Yunianto menambahkan, saat ini pihaknya tengah proses sosialisasi terkait pasar itu. Sambil menggelar lotre untuk pedagang yang akan menempati. "Sasaran yang mengisi pasar ini existing untuk pedagang lama," ujarnya.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan masih ada beberapa bagian yang harus disempurnakan hingga nantinya akan di resmikan.

"Sebelum diresmikan semua harus sudah rapi,  bersih dan siap digunakan, kita kesini dalam rangka melihat  menjelang di resmikannya pasar tersebut, kita lihat apa yang masih kurang dari finishing-finishing," kata Haryadi.

Haryadi menegaskan, bahwa para pedagang yang sebelumnya telah berdagang di pasar tersebut agar dipastikan mendapat tempat.

"Calon pengisi harus mengikuti prosedur, sesuai yang sudah ditetapkan Dinas Perdagangan Kota Yogya. Jadi, kalau memang ada yang baru, mimimal tahun depan baru bisa masuk, karena mereka harus memenuhi beberapa hal dulu," ujarnya.

Pasar Prawirotaman 3

Haryadi menegaskan akan terus menggenjot program digitalisasi, dimana setiap transaksi di pasar tersebut harus sudah digital/non tunai dan meminimalisir penggunaan uang tunai untuk jual beli.

"Penggunaan uang non tunai ini juga dapat meminimalisir penularan Covid-19, nanti setiap pedagang harus diedukasi, supaya bisa bertransaksi digital, aktivitas jual beli di pasar harus mengedepankan perilaku sehat sesuai dengan protokol kesehatan," tegasnya.

Harapannya, setiap pembeli tak perlu membawa uang tunai untuk berbelanja ke pasar. "Tapi pakai e-wallet, atau e-money. Itu harus bisa dibiasakan di sini," kata Haryadi.

Selain itu, ia meminta agar seluruh kawasan Pasar Prawirotaman agar menyediakan fasilitas wifi gratis. "Untuk wifi harus merata, jangan ada di salah satu bagian atau los yang tidak kena sinyalnya," ujarnya.

Pasar Prawirotaman juga dilengkapi travelator atau marga laju yang datar juga ada fasilitas lift. Fasilitas tersebut akan memungkinkan pengunjung dapat membawa trolley yang disediakan melalui marga laju.

Wakil walikota Heroe Poerwadi sebelumnya mengatakan setelah diserahterimakan akan dilakukan perbaikan dan pembenahan rooftop pasar Prawirotaman untuk digunakan para pelaku usaha ekonomi kreatif, Coworking Space dan  beberapa hal yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi kreatif.

Dijelaskan di Rooftop di pasar Prawirotaman akan menampung 11 sub sektor ekonomi kreatif dari 16 sub sektor yang disediakan.

"Artinya di Rooftop ini nanti akan ada coworking space, ada studionya, instansi yang terkait perizinan juga ada. Sehingga masyarakat bisa deal secara bisnis dan mendaftarkan segala sesuatunya bisa di sini. Juga teman teman dari konsultan hukum, perbankan dan panggung kesenian, ada juga di sini," imbuh Heroe.

Intinya, menurut Heroe,  pasar Prawirotaman Kota Yogyakarta yang baru  ini, nantinya seluruh kegiatan  yang sudah sesuai bisa langsung  diproses  perizinan dan sebagainnya di sana.

"Sehingga orang datang kesini kalau dia niat  melakukan sesuatu usaha bersama disini bisa langsung diproses di Rooftop sana," ujar Heroe.

Ketika disinggung situasi saat ini apakah banguan ini akan diberi partisi, Heroe mengatakan di masa pandemi corona ini bangunan dan sekat atau partisi akan disesuaikan . Akan tetapi hal ini berlaku sementara. Kalau situasinya sudah normal maka akan diberlakuakn seperti sedia kala.

Heroe juga mengurai tentang kelebihan Pasar Prawirotaman. Menurutnya,  ini merupakan paradigma baru dari pembangunan pasar yang ada di Kota Yogyakarta. "Dan saya kira mungkin di Indonesia juga. Karena ini memadukan pasar tradisional dengan pasar ekonomi kreatif. Jadi pasar yang melewati pasar modern," paparnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES