Peristiwa Daerah

Curah Hujan Ekstrem Terjadi di Wilayah Cilacap dan Banyumas

Selasa, 17 November 2020 - 15:40 | 42.79k
Pemicu curah hujan tinggi karena masih ada fenomena global La Nina moderat. (FOTO: Citra satelit BMKG for TIMES Indonesia)
Pemicu curah hujan tinggi karena masih ada fenomena global La Nina moderat. (FOTO: Citra satelit BMKG for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Dari pantauan pos pengamatan curah hujan BMKG, beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Cilacap dan Banyumas, pada Selasa (17/11/2020), telah terjadi hujan sangat lebat kadang disertai petir antara malam hingga pagi hari.

Hal tersebut mengakibatkan banjir di beberapa wilayah di dua kabupaten bertetangga tersebut.

Curah hujan di  Wilayah Kabupaten Cilacap antara lain di Kecamatan Kedungreja 149 mm, Cipari 167 mm, Sidareja 108 mm, Nusawungu 103 mm, Adipala 121 mm, Binangun 84 mm, Jeruklegi 83 mm, dan Maos 75 mm.

"Konsentrasi curah hujan sangat lebat berada di wilayah Cilacap bagian tengah dan timur," kata Teguh Wardoyo, Kepala Kelompok Prakirawan pada Stasiun BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Selasa (17/11/2020).

Sementara curah hujan di Wilayah Kabupaten Banyumas antara lain di Kecamatan Gumelar 273 mm, Sudagaran 116 mm, Sumpiuh 165 mm, dan Kemranjen 107 mm. Konsentrasi curah hujan sangat lebat berada di wilayah Banyumas bagian tengah dan selatan.

Pemicu curah hujan tinggi karena masih ada fenomena global La Nina moderat, suhu muka laut wilayah Indonesia yang masih hangat dan sebagian wilayah Cilacap sedang memasuki puncak musim penghujan.

Sedangkan kondisi atmosfer berdasarkan pantauan citra satelit hari ini (17/11/2020) terdapat Badai Tropis "Alicia" di Samudera Hindia barat Australia yang bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Peningkatan curah hujan masih perlu diwaspadai mengingat puncak musim hujan diprakirakan akan berlangsung antara bulan Desember hingga Januari 2021 di beberapa wilayah di Cilacap dan Banyumas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES