Pemerintahan

Soedjarno: Pengarsipan yang Baik akan Membantu Menyelesaikan Persoalan

Selasa, 17 November 2020 - 11:55 | 32.24k
Plt Bupati Ponorogo Soedjarno. (FOTO: Humas Pemkab Ponorogo/TIMES Indonesia)
Plt Bupati Ponorogo Soedjarno. (FOTO: Humas Pemkab Ponorogo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Penyusunan dan penyimpanan arsip pada seluruh perangkat daerah adalah hal yang sangat penting, sebab pengarsipan yang baik akan  mendukung pengambilan kebijakan dan membantu dalam menyelesaikan  persoalan yang muncul di masa mendatang.

Demikian dikatakan Plt Bupati Ponorogo Soedjarno saat membuka Rakor Pengawasan Kearsipan Internal Selasa (17/11/2020).

Menurut Soedjarno, pengarsipan yang baik akan memudahkan bila pada suatu saat di masa mendatang jika pemerintah atau dinas tertentu perlu melihat kembali berbagai arsip atas keputusan atau apapun yang telah dilaksanakan pada masa lalu.

"Pengarsipan yang baik akan sangat mendukung pengambilan keputusan atau tindakan di masa depan, bahkan bisa menghindarkan semua pihak dari adanya sengketa," sebutnya.

Soedjarno juga  menyampaikan bahwa saat ini Ponorogo butuh gedung sendiri untuk arsip pemerintah.

"Kita ini juga sudah perlu adanya gedung arsip tersendiri. Saya mendorong kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ponorogo untuk mengajukan pembuatan gedung agar kita bisa mendapatkan pengarsipan yang baik dan standar, sesuai  Undang Undang 43 Tahun 2009, mengarsip jangan dianggap sepele," tandas Sodjarno.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo Dewi Wuri Handayani kepada TIMES Indonesia mengatakan bahwa kegiatan Rakor  adalah tindak lanjut dari penilaian dengan kuisioner yang dilakukan pihaknya kepada para produsen arsip, dalam hal ini perangkat daerah, baik Dinas, Badan, hingga Kecamatan dan Kelurahan.

"Harapannya para produsen arsip tersebut bisa mengelola  arsip secara maksimal sebab turut dalam pengambilan keputusan dalam pembangunan," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo Dewi Wuri Handayani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES