Gaya Hidup

Cara Praktis Kupas Bawang Merah Tanpa Menangis

Selasa, 17 November 2020 - 10:08 | 110.88k
ILUSTRASI - Mengupas Bawang. (FOTO:  Sisternet)
ILUSTRASI - Mengupas Bawang. (FOTO: Sisternet)

TIMESINDONESIA, JAKARTABawang merah merupakan bumbu masakan wajib, utamanya untuk masakan Nusantara. Hampir semua masakan khas Indonesia menggunakan bawang merah sebagai bahan bumbunya. 

Mengupas bawang merah merupakan tantangan tersendiri bagi ibu-ibu. Mulai dari baunya yang menyengat hingga membuat mata pedih bahkan tak terasa sampai menangis.

Anda juga demikian? Nah Devina Hermawan, seorang chef, model, sekaligus penulis membagikan tips praktis mengupas bawang merah tanpa menangis.

Wanita yang pernah ikut ajang memasak Master Chef ini menyebutkan ada dua cara untuk mengupas bawang merah.

Cara pertama ia menyarankan untuk mencuci bersih bawang merah kemudian ditiriskan. Lalu direndam dengan air panas selama 3 hingga 5 menit. Bilas dengan air biasa supaya bawang tidak 'termasak'. Selanjutnya potong kedua ujung bawang, bagian pucuk dan akarnya, gunakan pisau yang tajam. Kupas kulit bawang merah perlahan, dan bawang merah siap digunakan. 

Sementara cara kedua, Devina juga menyarankan cuci bersih bawang merah dan tiriskan. Selanjutnya langsung potong kedua ujung bawang bagian pucuk dan akarnya. Belah bawang erah mejadi dua bagian dan kupas kulit bawang dengan perlahan. Dan bawang erah kupas siap digunakan.

Devina menekankan pentingnya menggunakan pisau yang benar-benar tajam agar mata tidak pedih. 

Diketahui, bawang merah mengandung enzim propanethial sulphoxide. Saat dipotong, enzim tersebut akan terkena gas udara. Jika terkena air mata, enzim propanethial sulphoxide yang akan membentuk sulfenic acid dan menyebabkan mata pedih dan berair. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES