Peristiwa Daerah

Prestasi Dalang Muda Asal Majalengka Tingkat Nasional

Selasa, 17 November 2020 - 08:36 | 124.37k
Dalang Ading Bontot yang juara festival virtual dalang muda dan anak tingkat nasional tahun 2020. (Foto: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)
Dalang Ading Bontot yang juara festival virtual dalang muda dan anak tingkat nasional tahun 2020. (Foto: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKADalang muda asal Kabupaten Majalengka, Jawa barat berhasil menoreh prestasi di tengah Pandemi Covid-19. Dia adalah Ading Bontot yang juara festival virtual dalang muda dan anak tingkat nasional tahun 2020.

"Alhamdulillah dalang muda dari grup wayang golek Campaka Bodas Majalengka yang turun di katagori dalang sabet terbaik, berhasil juara," ungkap Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Kabupaten Majalengka, Mumu Rudi Harto kepada TIMES Indonesia, Selasa (17/11/2020).

Menurut Mumu, sebelumnya, dalang Ading Bontot, terlebih dahulu diambil gambarnya dan tayang live streaming di youtube Pepadi Nasional, yang dimulai sejak tanggal 7 November hingga 13 November 2020. Dan hasil penjurian diumumkan, pada Senin pagi (16/11/2020) kemarin.

Penampilan dan pembawaan yang santai, namun tidak mengurangi pakem ilmu pedalangan mampu menarik perhatian juri. Hingga akhirnya diputuskan menjadi juara festival virtual dalang muda dan dalang anak tingkat nasional tahun 2020 untuk kategori dalang sabet terbaik.

Mumu menjelaskan, Sabet sendiri merupakan semua bentuk ekspresi dalang lewat gerak wayang dalam pertunjukan sesuai dengan karakter tokoh dan suasananya. Sabet merujuk pada semua olah gerak wayang yang dimainkan oleh dalang.

Karakter dan suasana seorang tokoh wayang dapat dikenali dari gerak-gerik wayang di kelir dan sabet merupakan unsur pementasan wayang yang menyentuh aspek visual, khususnya bagi penonton. Kelincahan seorang dalang memainkan gerak wayang menjadi aspek penting dalam konsep sabet.

Bagian tubuh wayang yang bisa digerakkan oleh dalang adalah tangan. Dalam menggerakkan wayang, dalang akan menggoyangkan tubuh wayang disertai gerakan tangan wayang.

"Dalang Ading Bontot dari grup wayang golek Campaka Bodas Majalengka ini, akhirnya mampu menarik perhatian juri. Ia pun meraih prestasi dalam festival virtual dalang muda dan dalang anak tingkat nasional, tahun 2020 untuk kategori dalang sabet terbaik," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES