Peristiwa Daerah

Sekda Bantul Helmi Jamharis Berbagi Pengalaman Menulis dengan Anggota KIM

Senin, 16 November 2020 - 22:15 | 37.38k
Sekda Bantul Helmi Jamharis saat berbagi pengalaman menulis dengan anggota KIM Bantul. (FOTO: Diskominfo Pemkab Bantul for TIMES Indonesia)
Sekda Bantul Helmi Jamharis saat berbagi pengalaman menulis dengan anggota KIM Bantul. (FOTO: Diskominfo Pemkab Bantul for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Di tengah kesibukannya, Sekda Bantul Drs Helmi Jamharis MM menyempatkan diri berbagi pengalaman menulis berita dengan 23 anggota Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Bantul, Senin (16/11/2020). Acara yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkab Bantul di Pendopo Taman Ngancar Dusun Saingan Desa Triharjo, Pandak, Bantul tersebut tetap menjalankan Protokol Kesehatan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Helmi mengatakan, siapa pun dapat menulis berita atau membuat karya jurnalistik. Kuncinya adalah memiliki ketertarikan menulis, mau belajar, dan mencoba menulis. Namun, sebelum itu dilakukan terlebih dahulu harus memahami teknik penulisan berita yang biasa dikenal 5W+1H. Yakni, Who, what, when, why, where, dan how.

helmi jamharis 2

“Setiap menulis berita harus memuat hal-hal tersebut agar pembacanya paham dan mendapatkan informasi yang utuh,” kata Helmi yang juga Citizen Digital Jurnalisme TIMES Indonesia.

Helmi menceritakan, ketertarikannya menulis berita berawal dari sering membaca koran atau media cetak beberapa tahun lalu. Saat itu, dirinya juga sering mengikuti kegiatan peliputan yang dilakukan oleh seorang wartawan media cetak terbitan Yogyakarta tersebut. “Dari situ lah saya belajar dan belajar,” singkatnya.

Helmi-Jamharis-2.jpg

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkab Bantul, Ir Fenty Yusdayati MT berharap, para anggota KIM dapat menginformasi kegiatan positif yang ada di lingkungannya melalui jaringan media sosial. Hal ini penting agar Kabupaten Bantul lebih dikenal masyarakat luas.

“Jika anggota KIM belum memiliki akun medsos, segera mulai sekarang buatlah akun medsos. Seperti, Facebook, IG, twitter, dan YouTobe,” kata Fenty.

Kepala Biro TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, A Riyadi Amar mengatakan, perkembangan teknologi informasi harus dimanfaatkan secara optimal oleh anggota KIM. Tentunya, untuk memproduksi dan menyebarkan konten positif.

“Setiap anggota keluarga dapat dipastikan memiliki smartphone. Nah, kemajuan teknologi informasi tersebut perlu disikapi dengan baik. Caraya, membuat konten-konten informasi positif. Misalnya, informasi obyek wisata, kuliner, UMKM, dan lain sebagainya. Tujuannya agar ketika masyarakat mencari informasi tentang Bantul melalui internet maka yang muncul adalah tulisan-tulisan positif, berita positif,” terang Amar saat berbagi pengalaman menulis dengan anggota KIM Bantul.

Selain berbagi pengalaman, kehadiran Sekda Bantul Helmi Jamharis untuk memotivasi para anggota KIM Bantul agar lebih serius memproduksi konten-konten positif. Sehingga, Kabupaten Bantul semakin dikenal masyarakat luas terkait dengan kegiatan-kegiatan yang positif seperti wisata, kuliner, UMKM, dan lain sebagainya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES