Peristiwa Daerah

PTPS Kecamatan Bontang Selatan Dilantik, Ketua Panwascam Harap Jaga Integritas

Senin, 16 November 2020 - 21:35 | 37.77k
Ketua Panwascam Bontang Selatan, Muhammad Ikbal Sultan saat menyaksikan pembacaan pakta integritas PTPS. (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Ketua Panwascam Bontang Selatan, Muhammad Ikbal Sultan saat menyaksikan pembacaan pakta integritas PTPS. (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Bontang Selatan menggelar pelantikan Panwas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Bontang Selatan, Senin (16/11/2020).

Pelantikan yang digelar sebanyak tiga tahap itu dihadiri oleh Komisioner Panwascam Bontang Selatan, Camat Bontang Selatan dan sejumlah pejabat kecamatan dan kelurahan di Bontang Selatan.

Pelantikan-PTPS-3.jpg

Untuk tahap pertama, 47 orang PTPS dari kelurahan Berbas Pantai dan Berbas Tengah, tahap kedua sebanyak 48 orang dari Tanjung Laut Indah dan Bontang Lestari. Kemudian tahap ketiga sebanyak 49 orang dari Kelurahan Satimpo dan Tanjung Laut.

"Pelantikan kami bagi tiga kali, pagi, siang jam 12,dan malam jam 20.00 Wita," ujar Ketua Panwascam Bontang Selatan, Muhammad Ikbal Sultan kepada Bontang TIMES.

Dijelaskan Ikbal, prosesi pelantikan sekaligus Bimtek yang melibatkan total sebanyak 140 orang itu mempertimbangkan kondisi ruangan berbanding dengan jumlah peserta, pasalnya momen pelantikan digelar dengan protokol kesehatan.

Lebih lanjut dijelaskan Ikbal, PTPS nantinya akan ditugaskan mengawasi proses Pilwali yang akan digelar di wilayah TPS, selama kurang lebih satu bulan kedepan.

Pelantikan-PTPS-2.jpgSesi foto bersama usai pelantikan PTPS di kecamatan Bontang Selatan (Foto: dok Panwascam Bontang Selatan)

"Panwas ini akan bekerja sejak hari ini hingga 23 hari sebelum hari H, 7 hari setelah hari H," ungkapnya.

Pria yang juga aktif di organisasi masyarakat itu berharap agar personil yang telah dilantik dapat konsisten menjaga integritas sebagai pengawas Pilwali, seperti yang tertuang dalam pakta integritas.

"Saya berharap PTPS dapat menjaga menjaga integritas sesuai Pakta integritas yang sudah ditanda tangani tadi," harapnya.

Sebelumnya perekrutan PTPS sesuai dengan petunjuk teknis yang diberikan Bawaslu Kota Bontang yang mengikuti regulasi Bawaslu RI, sementara tugas PTPS telah diatur pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 114.

Selama masa tugas PTPS akan mengawasi jalannya tahapan Pilwali 2020, antara lain persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara, dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES