Politik Pilkada Serentak 2020

Tekan AKI dan AKB di Kabupaten Malang, Pasangan LADUB Siapkan Program Bersalin Gratis

Senin, 16 November 2020 - 20:15 | 29.94k
Cabup Malang Hj Lathifah Shohib saat kampanye di Kecamatan Pakisaji. (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Cabup Malang Hj Lathifah Shohib saat kampanye di Kecamatan Pakisaji. (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, MALANG – Program Bersalin Gratis disiapkan oleh Pasangan LADUB (Hj Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono) untuk menekan AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi) di Kabupaten Malang.

Cabup Malang, Hj Lathifah Shohib mengatakan, program ini ditujukan untuk menyelamatkan para ibu dan anak dari risiko angka kematian akibat melahirkan.

"Komitmen program kami bagi para ibu adalah bersalin gratis baik secara normal maupun cesar, khusus bagi warga kurang mampu," ujarnya saat kampanye di Kecamatan Pakisaji, Senin (16/11/2020).

Dia menjelaskan, program ini bisa dikorelasikan dengan satu desa satu mobil siaga. Nantinya, jika masyarakat yang ada di desa terpencil jauh dari rumah sakit bersalin, maka penanganan cepat akan dijemput dengan mobil siaga yang ada di desa. 

"Setelah itu masyarakat kurang mampu akan diberikan fasilitas gratis untuk proses bersalin baik secara normal maupun cesar itu tergantung analisa dokter," tandasnya. 

Bukan itu saja, Mantan Anggota DPR RI itu menegaskan program ini nantinya akan berjalan sepanjang seorang ibu melahirkan. Sebelum bersalin, para ibu kurang mampu nantinya akan diberikan perhatian lebih berupa akses periksa ke dokter gratis ditambah dengan pemberian vitamin bagi ibu dan anak. 

"Jadi ini berlaku sejak seorang ibu hamil sampai beliau melahirkan, termasuk nutrisi untuk bayinya nanti" ucapnya

Cucu Pendiri NU itu menambahkan, nantinya pihaknya akan menambah rumah sakit bersalin di berbagai desa se Kabupaten Malang. Sebab berdasarkan data, tidak semua desa memiliki puskesmas atau rumah sakit bersalin. 

"Selain kita memberikan program, nantinya juga kita perbaiki sarana dan prasarana kesehatan sehingga kualitas layanan kesehatan khususnya untuk bersalin menjadi lebih baik kedepan," imbuhnya

Dia mengatakan, program ini cukup penting karena selama ini angka kematian ibu dan bayi cukup besar. Apalagi, sebagai seorang perempuan, dia mengetahui berapa pentingnya pengorbanan ibu hamil dan hadirnya seorang anak di tengah keluarga. 

"Saya sebagai perempuan bisa merasakan bagaimana pentingnya masalah ini, sehingga program ini benar-benar akan menjadi komitmen kami ketika diberikan amanah oleh rakyat untuk memimpin Kabupaten Malang," tuturnya.

Dia menegaskan, apabila Pasangan LADUB mendapatkan amanah memimpin Kabupaten Malang, maka berkomitmen mengimplementasikan Program Bersalin Gratis untuk menekan AKI dan AKB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES