Peristiwa Daerah Pilkada Serentak 2020

KPU Lamongan Sosialisasikan Bimtek Pelaksanaan Pilbup

Senin, 16 November 2020 - 18:57 | 54.50k
KPU Lamongan menggelar Bimtek pemungutan, penghitungan dan rekap hasil penghitungan suara serta penggunaan Sirekap dalam Pilkada serentak 2020, Senin (16/11/2020). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
KPU Lamongan menggelar Bimtek pemungutan, penghitungan dan rekap hasil penghitungan suara serta penggunaan Sirekap dalam Pilkada serentak 2020, Senin (16/11/2020). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan (KPU Lamongan) menggeber persiapan pelaksanaan Pilbup Lamongan yang kurang dari satu bulan lagi. Saat ini persiapan yang dilakukan adalah pemberian Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan, penghitungan dan rekap hasil penghitungan suara serta penggunaan Sirekap dalam Pilkada serentak 2020.

Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali mengatakan, pemberian Bimtek pelaksanaan pemungutan suara hingga rekapitulasi tersebut menjadi hal yang sangat penting, karena Pilkada serentak tahun ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

"Pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Seluruh tahapan harus menerapkan protokol kesehatan, termasuk tahapan saat di TPS juga harus menerapkan protokol kesehatan," kata Mahrus Ali, usai pelaksanaan Bimtek, Senin (16/11/2020). 

Mahrus menjelaskan, dalam Bimtek yang diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tersebut, diberikan penjelasan secara detail bagaimana pelaksanan pemungutan suara, mulai prosedur ketika pemilih datang ke TPS, seperti wajib pakai masker, cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan jaga jarak saat mengantre.

"Petugas nantinya juga akan memberikan sarung tangan kepada pemilih untuk digunakan saat mencoblos. Kemudian dilepas setelah menyalurkan hak pilihnya," tuturnya.

Penerapan protokol kesehatan yang ketata, kata Mahrua, juga berlaku dalam proses penghitungan maupun rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Selain itu, dalam Bimtek yang berlangsung di salah satu hotel di Lamongan tersebut juga dijelaskan bagaimana penggunaan aplikasi Sirekap saat proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di pilbup Lamongan. "Jikalau semua dari tiga form itu sudah sepakat tentang hasil, baik dari KPPS, PTPS dan para saksi, itu nanti akan diminta tanda tangan di form terakhir. Terus di potret di aplikasi, kemudian akan memunculkan barcode dan itu langsung akan masuk ke server KPU," terang Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES