Ekonomi

Soal Penurunan Omset UMKM di Sumsel, Digitalisasi UMKM Bisa Jadi Solusi

Senin, 16 November 2020 - 18:18 | 51.31k
Webinar Seputar pemulihan Ekonomi di Sumsel oleh Markplus (Foto : Webinar Markplus)
Webinar Seputar pemulihan Ekonomi di Sumsel oleh Markplus (Foto : Webinar Markplus)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Ekonomi Sumatera Selatan (Sumsel) mulai menunjukan geliat peningkatan di kuartal tiga tahun 2020. Meskipun masih dalam zona ekonomi negatif, tercatat perbaikan dari -1,53 di kuartal dua menjadi -1,4. Hal ini tidak lepas dari peran pemerintah pusat dan daerah dalam memberikan stimulus khususnya pada sektor UMKM.

Saat ini lapangan usaha mengalami penurunan di sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, pertambangan dan penggalian, serta industri pengolahan. Sedangkan sektor konstruksi, perdagangan besar dan eceran serta informasi dan komunikasi mengalami peningkatan.

Webinar-Markplus-2.jpg

Kepala Bank Indonesia Sumatera Selatan Hari Widodo menjelaskan saat ini kendala yang banyak dihadapi para pelaku usaha paling utama adalah penurunan omset.

“72,6% UMKM terdampak di Sumatera Selatan, dengan mayoritas mengalami penurunan omset penjualan. Beberapa kesulitan atau kendala yang dihadapi hampir sama (yaitu) penurunan penjualan, kesulitan modal, distribusi terhambat, dan kesulitan bahan baku,” papar Hari dalam MarkPlus Government Roundtable: Kebangkitan Ekonomi Melalui Pemulihan UMKM Sumatera Selatan pada Senin, (16/11/2020) secara virtual.

Hari menambahkan, perlu adanya sinergi kebijakan di tingkat pusat maupun daerah untuk mengembangkan UMKM menjadi salah satu sumber pertumbuhan baru yang bertujuan untuk pemulihan ekonomi. UMKM juga dapat mengisi kebutuhan belanja pemerintah sehingga penyerapan pembelanjaan terhadap produk UMKM terjadi.

Webinar-Markplus-3.jpg

"Pengembangan UMKM ini memang harus didekati secara multisektoral, tidak bisa hanya satu lembaga saja yang bisa menyelesaikan ini karena membutuhkan sinergi," terang Hari.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi UMKM Sumatera Selatan memamparkan saat ini Kementerian Koperasi dan UMKM telah memberikan bantuan modal produktif usaha mikro sebesar 2,4 juta yang saat ini sudah disalurkan kepada 17 kabupaten dan kota di sekitar Sumsel.

Selain itu, penggunaan website maupun platform online diyakini bisa menjadi pilihan baru bagi pelaku UMKM untuk bertransformasi sehingga pelaku UKM tidak hanya mengandalkan pemerintah tetapi juga meningkatkan kualitas diri,

“Mengubah mindset dari offline menjadi online dengan segera belajar untuk menggunakan (platform) digital,” papar Musiawati.

Kemudian, digitalisasi memang menjadi tantangan besar bagi para pelaku UMKM di Sumsel agar siap menghadapi peradaban baru. Oleh karena itu, inovasi serta kemampuan menangkap peluang usaha potensial harus terus diasah. "Keberlanjutan usaha juga menjadi aspek penting selain peningkatan kapasitas sumber daya manusia sehingga pemanfaatan platform online sudah menjadi keharusan di masa ini," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES