Pendidikan UIN Malang

Fakultas Syariah UIN Maliki Malang Gelar Webinar Berstandar Internasional

Senin, 16 November 2020 - 17:48 | 36.68k
Webinar ICOLESS yang dilakukan kemarin Sabtu, 14 November 2020 (Syariah UIN Malang)
Webinar ICOLESS yang dilakukan kemarin Sabtu, 14 November 2020 (Syariah UIN Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Syariah UIN Maliki Malang menggelar event webinar berstandar internasional. Even tersebut adalah The 3rd International Conference on Law, Technology, Spirituality, and Society (ICOLESS).

Webinar ini dibawakan oleh empat narasumber meliputi dua narasumber dari Indonesia dan dua narasumber dari luar negeri.

Narasumber dari Indonesia mengisi webinar pada panel 1 dengan pemateri Prof. Dr. Saifullah, S.H., M.Hum dan Dr. Badruddin. Keduanya meyajikan materi mengenai moderasi beragama.

"Dalam paparannya, kedua narasumber membahas kedinamisan dan kontekstualitas hukum islam hingga stigma terhadap umat islam yang dikaitkan dengan aksi terorisme," jelas admin dalam laman syariah UIN Malang.

Narasumber dari luar negeri mengisi webinar pada panel 2 dengan pemateri Prof. F.J.S. Wijsen dari Radbound University Netherlands dan Dr. Ahmed Al-Dawoody, Jurisprudence ICRC dari Genewa Swiss.

Prof. Wijsen menyajikan materi mengenai hubungan manusia dengan lingkungan dari sudut pandang ekokritik dan memberikan solusi berupa integrasi konsep dari berbagai pihak untuk mewujudkan lingkungan yang ideal.

"Menurutnya, Islam telah memiliki nilai-nilai yang potensial untuk mewujudkan lingkungan yang ideal. Hal penting yang perlu dilakukan berikutnya adalah merumuskan nilai-nilai tersebut dalam penyusunan rencana strategis serta mengimplementasikannya mulai dari individu sebagai bagian dari mikrokosmis," ujar admin dalam laman syariah UIN Maliki Malang.

Sedangkan Dr. Dawoody menyajikan materi mengenai Covid-19 dan hukum Islam yang mengatur tentang pemakaman bagi umat Islam.

"Hal ini sangat relevan dengan situasi saat ini mengingat pemakaman ala Covid terkadang menimbulkan pertanyaan mengenai keabsahannya dari segi hukum Islam," Ujar admin dalam laman syariah UIN Malang.

Webinar ini dibuka langsung oleh rektor UIN Malang. Webinar ini juga disambut antusias yang luar biasa dari pasrtisipan. Dimana mereka sangat aktif dalam sesi tanya jawab.

Tak hanya itu, jumlah partisipan dirasa melebihi dari target yang diperkirakan. Webinar Fakultas Syariah UIN Maliki Malang ini dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB pada Sabtu, 14 November 2020 kemarin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES