Peristiwa Daerah

Kopdar PengANGGURan, Silaturrahmi Antar Pecinta Tanaman Anggur Banjarnegara

Senin, 16 November 2020 - 17:45 | 90.29k
Silaturrahi kelompok sadar (kopdar) penggiat buah anggur Banjarnegara.  (FOTO : Fins Bara for TIMES Indonesia)
Silaturrahi kelompok sadar (kopdar) penggiat buah anggur Banjarnegara. (FOTO : Fins Bara for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Daerah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ternyata cocok untuk mengembangkan sejumlah varian buah anggur. Terbukti dari sekian penggiat buah anggur saat ini sudah menikmati hasilnya.

Hal ini terungkap saat silaturahmi  Kelompok Sadar (Kopdar) PengANGGURran Banjarnegara, Minggu (15/11/2020) di Kampung Gagot Agrowisata Desa Kutawuluh RT01/RW 05 Kecamatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara yang dihadiri lebih kurang 120 orang.

Kopdar-PengANGGURan-2.jpg

Biarfin atau biasa disapa Fins, ketua panitia Kopdar menyampaikan, pihaknya  membuat kegiatan ini karena  melihat tanah di Banjarnegara prospek untuk pengembangan buah anggur. Buktinya adalah,  sudah banyak penggiat anggur sukses artinya anggur berbuah normal, ranum dan manis.

Tujuan kopdar ini, lanjut Biarfin, tidak lain sebagai ajang  silahturahmi dan 'sinau bareng'. "Yang menarik dari kegiatan ini adalah sing berbagi ilmu. Bagi yang sdh memulai berkebun dan berhasil saling memberikan ilmu tentang cara budidaya pohon anggur dengan gratis," jelas Biarfin.

Bahkan para senior atau yang telah lama menggeluti dibidang tanaman pohon anggur memberikan bibit gratis kepada peserta kopdar jenis/varietas terbaru dari buah anggur.

Kopdar-PengANGGURan-3.jpg

Di antaranya, varian shine muscat, bogema,taldun, oscar, sweetsapire, super sonaka, sarita, cotton candy, cleopatra dan juga berbagi nutrisi atau pupuk organik cair dll.

Biarfin selaku ketua panitia kopdar menyampaikan, kegiatan ini diharapkan  akan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau petani anggur di Baanjarnegara.

Dari Kopdar kemarin terbentuk pengurus pegiat anggur Kabupaten Banjarnegara yakni, Ketua, Heri, Sekretaris, Wanto⁩ dan Bendahara, Walid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES