Olahraga

Sambut Olimpiade Tokyo, PB ISSI Lirik Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Event Kejuaraan BMX

Senin, 16 November 2020 - 16:45 | 49.38k
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI) berencana menggelar kejuaraan BMX di Banyuwangi pada tahun 2021 mendatang.

Banyuwangi menjadi kandidat kuat tuan rumah empat event besar bertaraf internasional yang rencananya digelar April tahun depan.

Untuk itu, PB ISSI meminta dukungan pemerintah daerah dan warga Banyuwangi. Lantaran, event ini sangat penting untuk kepentingan “merah putih”, tepatnya untuk mengejar poin agar atlet BMX Indonesia bisa lolos kompetisi di kancah Olimpiade Tokyo 2021.

“Kami telah bertemu Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari dan beliau mengungkapkan rencananya untuk menggelar kejuaraan di Banyuwangi. Kami siap mendukung, apalagi ini untuk kepentingan bangsa,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi.

Sementara itu, Raja Sapta merinci empat kejuaraan BMX yang rencana akan digelar di Banyuwangi adalah BMX kelas Hors Class (kelas tertinggi pada kompetisi BMX), National Championship (kejurnas), dan dua kali kejuaraan kelas C1 race. 

“Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada atlet-atlet kita untuk mengejar poin menuju Olimpiade 2021. Dari pada kita kirim ke luar, lebih baik kita bikin kejuaraan sendiri di Indonesia. Atlet-atlet kita bisa mengejar poin di sini,” kata Raja Sapta.

Menurut Raja Sapta, kejuaraan internasional, khususnya hors class ini, pasti akan mendapat atensi dari atlet manca negara lainnya. Mengingat mereka juga butuh tambahan poin agar bisa berkompetisi di Tokyo.

“Saya optimis atlet manca negara pun akan banyak yang ikut berkompetisi di sini. Mereka punya kepentingan yang sama untuk menambah poinnya agar bisa lolos berlaga di Olimpiade,” imbuhnya.

Raja Sapta mengaku, sejak awal pihaknya telah mendaftarkan Banyuwangi untuk menjadi tuan rumah kegiatan tersebut. Menurutnya, Banyuwangi cukup layak. Selain memiliki trek BMX berstandar UCI pertama di Indonesia, Banyuwangi juga telah berpengalaman menggelar berbagai event olah raga kelas dunia.

Selain BMX, Banyuwangi juga rutin menggelar kejuaraan balap sepeda yang masuk agenda UCI, yakni Internasional BMX dan Tour de Banyuwangi Ijen.

“Banyuwangi adalah kabupatennya PB ISSI, banyak event sepeda digelar di sini. Kami sangat berharap agar kejuaraan BMX ini bisa dilaksanakan di Banyuwangi. Untuk itu, kami berkoordinasi dan memohon ijin kepada Pak Bupati. Mudah-mudahan rencana kami mendapat dukungan dari pemerintah maupun masyarakat Banyuwangi,” kata Raja Sapta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES